SIARAN PERS SBMPTN PANLOK JAKARTA

Peserta SBMPTN 2017 dapat melihat pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2017 secara online melalui laman http:/pengumuman.sbmptn.ac.id atau laman mirror pada http://sbmptn.ui.ac.id.
  • Kegiatan
Penetapan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 diumumkan pada hari Selasa, 13 Juni 2017 mulai pukul 14.00 WIB. Sebanyak 7.689 calon mahasiswa diterima pada empat Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung ke dalam Panitia Lokal (Panlok) Jakarta (Wilayah 1)yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) dan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jakarta (UPN). Peserta SBMPTN 2017 dapat melihat pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2017 secara online melalui laman http:/pengumuman.sbmptn.ac.id atau laman mirror pada http://sbmptn.ui.ac.id.

Adapun rincian mahasiswa yang diterima melalui SBMPTN 2017 tersebut adalah UI menerima calon mahasiswa melalui SBMPTN 2017 sebanyak 3.467 peserta dari total 92.823 peserta yang memilih UI. Lebih lanjut, UNJ menerima sebanyak 2.160 calon mahasiswa dari 56.328 pesaing, UIN menerima sebanyak 957 calon mahasiswa dari jumlah pendaftar sebanyak 29.444 dan UPN menerima sebanyak 1.105 calon mahasiswa dari jumlah yang memilih sebanyak 30.156 peserta.

Pada SBMPTN tahun ini, program studi (prodi) Pendidikan Kedokteran menjadi jurusan yang paling diminati di UI pada kelompok ujian Saintek. Sedangkan prodi yang paling diminati pada kelompok ujian Soshum adalah Ilmu Hukum. Sedangkan pada kampus UNJ, prodi yang paling diminati pada Saintek dan Soshum adalah Ilmu Komputer dan Manajemen. Lebih lanjut pada kampus UIN, prodi yang paling diminati pada Saintek adalah Kedokteran dan Manajemen pada kelompok ujian Soshum. Pada kampus UPN Veteran Jakarta, prodi yang paling diminati pada kelompok ujian Saintek dan Soshum adalah Kedokteran dan Komunikasi.

Bagi peserta SBMPTN 2017 yang telah dinyatakan lulus pada salah satu PTN di Panlok Jakarta maka dapat segera melakukan pendaftaran ulang dimana mekanismenya dapat dilihat pada situspenerimaan.ui.ac.id ; penmaba.unj.ac.id ;spmb.uinjkt.ac.id ; penmaru.upnvj.ac.id/pendataan.

Dalam konferensi persnya, Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, “Bagi peserta SBMPTN yang belum lulus diharapkan untuk tetap semangat, karena masih ada tahapan ketiga penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri sebagai jalan untuk menempuh pendidikan di PTN. Selain itu, putra putri Indonesia juga bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi swasta (PTS) yang diakui oleh pemerintah. Agar calon mahasiswa dapat memilih dan masuk perguruan tinggi yang diakui legalitasnya, diharapkan terlebih dahulu untuk melihat status perguruan tinggi di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) forlap.ristekdikti.go.id.”

 

Rifelly Dewi Astuti, SE, MM

Humas SBMPTN 2017 Panlok Jakarta

Berita Terbaru