24.584 calon mahasiswa mendaftar Ujian Mandiri di Universitas Negeri Jakarta

jumlah peserta pada tahun ini, kelompok ujian IPS/Soshum mendominasi dengan jumlah peserta 17.616 orang, disusul oleh kelompok ujian Saintek sebanyak 5.136 orang, kelompok ujian Campuran sebanyak 1.521 orang dan 311 orang peserta Alih Program (AP)
  • Kegiatan,Rektor UNJ,Wakil Rektor I UNJ,Wakil Rektor II UNJ,Wakil Rektor III UNJ,Wakil Rektor IV UNJ
Humas UNJ 15/7/2017, Sebanyak 24.584 calon mahasiswa mendaftarkan dirinya untuk mengikui seleksi ujian mandiri masuk ke Universitas Negeri Jakarta, yang dikenal dengan Ujian Penmaba. Jumlah peserta seleksi pada tahun ini meningkat tajam jika dibandingkan peserta tahun lalu yang berjumlah 16.841 orang. 24.584 peserta ujian tersebut akan memperebutkan 30% kuota kursi yang disediakan UNJ untuk jalur Ujian Mandiri tersebut.

Ujian Penmaba 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 15 Juli 2017 untuk Ujian Tulis, dan tanggal 16 Juli 2017 untuk Ujian Keterampilan (UK). UK sendiri hanya dilaksanakan untuk Program Studi Seni Rupa, Seni Tari, Seni Musik dan Keolahragaan. Pengumuman kelulusan akan sampaikan melalui website penmaba.unj.ac.id pada tanggal 25 Juli 2017.
 
Untuk tahun ini, jumlah peserta kelompok ujian IPS/Soshum mendominasi dengan jumlah peserta 17.616 orang, disusul oleh kelompok ujian Saintek sebanyak 5.136 orang, kelompok ujian Campuran sebanyak 1.521 orang dan 311 orang peserta Alih Program (AP). Daftar program studi yang dibuka terdiri dari 12 program studi jenjang D3, 54 program studi jenjang S1, dan 7 program studi Alih Program.

Peserta kelompok ujian Soshum akan diuji Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Soshum. Kelompok ujian Saintek akan diuji TKD dan Tes Kemampuan Saintek. Kelompok Ujian Campuran diuji TKD, TK Saintek dan TK Soshum. Sedangkan untuk jalur Alih Program, akan diuji Tes Kemampuan Potensi Akademik (Verbal, Numerikal, Figural dan Logika).
 
Pelaksanaan ujian PENMABA ini akan dilaksanakan dibeberapa tempat yang sudah ditentukan oleh panitia, antara lain Kampus A UNJ, Universitas Trilogi, Universitas Indonusa Esa Unggul serta beberapa SMP dan SMA yang terletak di wilayah Jakarta Timur.

Pada PENMABA tahun 2016 ini juga, UNJ membuka penerimaan mahasiswa baru Jalur Prestasi Nasional (minimal Juara 3) dan Internasional. Jenis Prestasi pada Jalur Prestasi 2017 antara lain:

1. Bidang Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknologi).
2. Bidang Sosial Humaniora (Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Lomba Debat)
3. Bidang Seni & Sastra (Seni Musik, Seni Tari, Seni Peran, Seni Rupa, Lomba Baca Puisi, Menulis.
4. Bidang Olahraga (Semua)
5. Hafidz Al Quran minimal 15 Juz