Tim Ekspedisi Putri Eka Citra UNJ, Gapai Puncak Dhampus Peak (6.012 masl) Himalaya!

pendaki Indonesia telah berhasil menggapai puncak Dhampus Peak (6.012 masl), Dhaulagiri Range, Nepal pada pukul 13.15  (waktu Nepal), 2 orang pendaki putri tergabung dalam Tim Indonesia Women Expedition, KMPA Eka Citra, Universitas Negeri Jakarta.
  • Kegiatan, Kemahasiswaan, Prestasi

Humas UNJ 4/11/2017, Kabar gembira untuk seluruh masyarakat Indonesia! Masih dalam semarak Hari Sumpah Pemuda yang ke-89 pada tanggal 30 Oktober 2017 ini, pendaki Indonesia telah berhasil menggapai puncak Dhampus Peak (6.012 masl), Dhaulagiri Range, Nepal pada pukul 13.15  (waktu Nepal) melalui keberhasilan 2 orang pendaki putri yang tergabung dalam Tim Indonesia Women Expedition, KMPA Eka Citra, Universitas Negeri Jakarta. Keberhasilan ini merupakan pencapaian untuk pertama kalinya sebagai pendaki pertama Indonesia yang menjejakkan kakinya di puncak Dhampus Peak, Dhaulagiri Range, Nepal.

Dhampus Peak (6.012 masl) atau yang dikenal sebagai Thapa Peak terletak di antara rentang Annapurna dan Dhaulagiari, Himalaya, Nepal. Dari puncaknya, Dhampus Peak menawarkan pemandangan indah dari seluruh hulu Sungai Kali Gandaki dan hampir puluhan puncak di gugusan pegunungan Himalaya terlihat dari sini. Diantaranya Puncak Mt. Dhaulagiri (8.167 masl), Mt. Annapurna I (8.091 masl), Mt. Annapurna II (7.739 masl), Mt. Annapurna III (7.555 masl), Mt. Annapurna IV (7.525 masl), Mt. Annapurna Selatan (7.219 masl), Hiunchuli (6.441 masl), Mt. Fishtail/Machaapuchhare (6.998 masl), Tukuche Peak (6.920 masl) dan lain sebagianya. Selain itu, campuran antara kultur budaya dengan pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri.

Sebelum menggapai puncak Dhampus Peak, tim harus melewati perjalanan selama kurang lebih 10 hari melalui berbagai medan. Medan yang ditempuh untuk mencapai puncaknya beraneka ragam, mulai dari pedesaan yang kental akan budaya lokal, hutan lebat, sampai akhirnya dihadapkan dengan tebing-tebing dan gletser es. Namun begitu, dengan berbagai tantangan dan resiko yang dihadapi tidak menghalangi tim putri Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Women Expedition, KMPA Eka Citra UNJ untuk menjadi pendaki yang pertama menggapai Dhampus Peak, yang terdiri dari Noor Maida Sugesti (20) dan Juniar Rizkyta Putri (20).

Perjalanan ke puncak Dhampus Peak  pada tanggal 30 Oktober 2017 dimulai pada pukul  05.00 (waktu Nepal) dari Dhampus High Camp (5.600 masl), saat perjalanan menuju puncak Dhampus Peak, tim diiringi hujan salju ringan juga hembusan angin yang cukup kencang. Selain itu tim juga harus menghadapi dinginnya udara dengan suhu mencapai -16 derajat Celcius. “...tim terus melangkah saling menyemangati dan berjuang bersama untuk mencapai keberhasilan ekspedisi ini, tentunya doa dan semangat dari keluarga besar di Jakarta sangat memotivasi kami.” ungkap Juniar, anggota tim pendaki.

“...bagi kami, ekspedisi ini merupakan salah satu bentuk aktualisasi kami sebagai pecinta alam serta dalam upaya menginspirasi wanita Indonesia untuk menggapai prestasi setinggi-tingginya. Selain itu, ekspedisi ini kami persembahkan bagi almamater tercinta kami, sebagai wujud karya dan prestasi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dalam hal ini pendakian.” tambah Noor Maida melalui telepon satelit.

Indonesia Women Expedition ini juga sebagai pelengkap keberhasilan ekspedisi-ekspedisi sebelumnya yang telah sukses menggapi Mt. Fansipan (3.143 masl), Vietnam di tahun 2013, Miao Room Cave, China di tahun 2015, serta Mt. Trikora (4.750 masl), Papua pada tahun 2016.

Melalui keberhasilan Indonesia Women Expedition, KMPA Eka Citra juga siap menggapai untuk melanjutkan seven summit dunia KMPA Eka Citra setelah berturut-turut pada tahun 2011-2014 sukses menggapai puncak Mt. Elbrus (5.642 masl) – Mt. Carstenz (4.884 masl) – Mt. Kilimanjaro (5.895 masl) – Mt. Aconcagua (6.960 masl). Rencananya dalam kurun waktu 5 tahun ke depan KMPA Eka Citra akan merampungkan “seven summit” menuju Mt. Denali (6.168 masl) – Mt. Vinson Massif (4.892 masl) – Mt. Everest (8.848 masl).

Keseluruhan rangkaian kegiatan Indonesia Women Expedition, KMPA Eka Citra, Universitas Negeri Jakarta akan diketengahkan dalam bentuk Seminar Hasil Ekspedisi pada Desember 2017 mendatang. Sekali lagi, torehan prestasi ini semakin menambah catatan gemilang para pendaki sekaligus pemuda-pemudi Indonesia dalam usaha dan baktinya terhadap nusa, bangsa, dan negara sebagai wujud nyata cinta tanah air.


Berita Terbaru