UNJ Mengukuhkan Dua Orang Guru Besar/Profesor Tetap Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Teknik

“Terkait dengan isu rendahnya kualitas siswa SD kita baik di level nasional maupun internasional, maka peran guru amatlah penting” jelas Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd.
  • FIP UNJ, FT UNJ, Kemahasiswaan

Humas UNJ 22/12/2017 – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali mengukuhkan dua orang Guru Besar / Profesor tetap pada hari Kamis, 21 Desember 2017 di Aula Latief Hendraningrat Gedung Dewi Sartika UNJ. Kedua orang Guru Besar tersebut adalah Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd dan Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si. Pengukuhan kedua Guru Besar tersebut dipimpin langsung oleh Plt. Rektor sekaligus Ketua Senat UNJ, Prof. Dr. Intan Ahmad.

Pada pengukuhan sesi pertama, Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd dikukuhkan sebagai Guru Besar di bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ. Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd menyampaikan tentang Peran Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking and Problem Solving, Creativity, Communication Skills, dan Ability to Work Collaborative (4C) pada Siswa Sekolah Dasar di Era Globalisasi.

“Terkait dengan isu rendahnya kualitas siswa SD kita baik di level nasional maupun internasional, maka peran guru amatlah penting dan saya mempunyai dugaan kuat bahwa “kecerdasan” guru dalam memahami kompetensi yang dibutuhkan peserta didik saat ini maupun masa mendatang adalah salah satu masalah mendasar, kurikulum boleh saja berganti ganti namun pemahaman yang baik dalam mengelaborasi kompetensi yang harus dimiliki peserta didik adalah suatu yang penting,” jelas Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd.

Pada sesi kedua pengukuhan, Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si, dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang ilmu Teknik Penyehatan Lingkungan Fakultas Teknik UNJ. Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si, menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Capacity Building dalam Pengelolaan Infrastruktur Pemukiman Menuju Suistainable Development Goals".

Dalam orasinya, Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si, menyampaikan bahwa permasalahan permukiman tidak hanya sebatas pembangunan infrastruktur penyehatan lingkungan, namun juga menekankan aspek layak dan berkelanjutan. “Dalam sistem ini, pelibatan masyarakat harus dilakukan sejak awal. Masyarakat juga perlu capasitas building sehingga terbentuk kesadaran yang akan tercermin dalam prilaku dan partisipasi di dalam penyehatan lingkungan, khususnya air minum dan sanitasi,” ungkap Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si,.

Dengan bertambahnya dua orang Guru Besar / Profesor Tetap ini, diharapkan akan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di UNJ di masa yang akan datang. Jayalah UNJ!


Berita Terbaru