Program Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor

Masyarakat Sukamakmur sangat berterima kasih kepada UNJ karena dapat membantu memberantas buta huruf
  • FIP UNJ

GPjM FIP UNJ, 18/7/2018 – Dalam rangka mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ), melaksanakan Program Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. Rombongan tim P2M FIP UNJ dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ, Dr. Sofia Hartati, M.Si, langsung mendatangi lokasi dan diterima dengan suka cita oleh Camat Sukamakmur, H. Zaenal Ashari, S.Sos,. MM beserta aparatur kecamatan lainnya di Aula Kecamatan Sukamakmur Lantai 2. Selain Camat Kecamatan Sukamakmur, hadir pula Korlasdik/Korwas, Ketua PGRI, Kepolsek, Daramil, K3S, Ketua HIMPAUDI, Perwakilan Kades/Sekdes, PKK, Dinas Kesehatan, dan Perwakilan Guru se-Kecamatan Sukamakmur. Sedangkan dari FIP UNJ, selain Dekan, hadir pula Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, dan Wakil Dekan 3 serta para Kaprodi FIP UNJ beserta perwakilan 48 orang Dosen dari berbagai Program Studi di FIP UNJ. Kegiatan P2M yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ dimotori oleh panitia pelaksana Tim GPjM FIP UNJ, pada tahun 2018 ini mengambil tema “Implementasi Layanan Pendidikan untuk Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pendidik, Tenaga Kependidikan serta Masyarakat di Kecamatan Sukamakmur.”

Peresmian dan pembukaan acara P2M dilakukan tepat pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya, Dekan FIP UNJ menyampaikan bahwa peran serta Perguruan Tinggi sangat dibutuhkan terutama bagi penerapan layanan pendidikan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan pendidik, tenaga kependidikan serta masyarakat di Kecamatan Sukamakmur kedepannya nanti. “Kecamatan Sukamakmur merupakan wilayah Binaan UNJ sejak tahun 2007. Dengan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dapat meningkatkan taraf perekonomian dan meninimalisir warga putus sekolah, dan buta huruf di Kecamatan Sukamakmur,” jelas Dekan.

Pelaksanaan P2M FIP UNJ akan dilakukan mulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 19 September 2018. Adapun jumlah keseluruhan Dosen FIP UNJ yang terlibat P2M di Kecamatan Sukamakmur sebanyak 127 orang. Terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Masyarakat (PLS/PM), Manajemen Pendidikan (MP), Pendidikan Luar Biasa/Pendidikan Khusus (PLB/PK), Bimbingan dan Konseling (BK), Teknologi Pendidikan (TP), dan S2 Bimbingan dan Konseling (BK)

Camat Kecamatan Sukamakmur dalam paparannya menyampaikan bahwa menghadiri pembukaan kegiatan P2M FIP UNJ merupakan suatu kehormatan, dan dapat membantu terlaksananya Visi-Misi Kecamatan Sukamakmur. Salah visi tersebut adalah meningkatkan pemerataan dan kualitas penyelenggaraan pendidikan di 244 RT, 72 RW,  35 Dusun,  dan 10 desa yang ada di Kecamatan Sukamakmur. “UNJ satu-satunya kampus Universitas Negeri di Jakarta dan lokasinya berdekatan dengan Kecamatan Sukamakmur. Masyarakat Sukamakmur sangat berterima kasih kepada UNJ karena dapat membantu memberantas buta huruf melalui kerjasama yang telah terjalin sebelumnya dengan Penyelenggara Program Praktikum Kegiatan Mengajar (PKM) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah/PLS (Saat ini dikenal dengan Pendidikan Masyarakat). Saat ini, tidak hanya mahasiswa PLS FIP UNJ, namun pelaksananya adalah dosen Program Studi Sarjana S1; PGPAUD, PGSD, BK, MP, TP, PLB/PK, dan S2 BK FIP UNJ yang secara langsung melakukan P2M  untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Sukamakmur,” jelas Camat Sukamakmur.


Berita Terbaru