Profil

SEJARAH

UPT LBK berdiri sejak tahun 1979 dengan nama Lembaga Bimbingan Penyuluhan (LBP). LBP berdiri berdasarkan kebutuhan internal IKIP Jakarta akan tempat berkonsultasi bagi mahasiswa, sivitas akademika dan berbagai lembaga pendidikan yang berada di bawah kordinasi IKIP Jakarta. Salah satunya adalah Proyek Pegembangan Sekolah Pembangunan (PPSP) yang memiliki program akselerasi pertama di Indonesia yang saat ini dikenal sebagai Lab School. Satu hal yang membanggakan, lahirnya LBP di IKIP Jakarta pada saat itu, telah menginspirasi kepada 7 IKIP lainnya, yaitu IKIP Bandung, Yogyakarta, Ujung Pandang, Padang dan Medan untuk mendirikan lembaga yang sama.

Peranan UPT-LBK adalah sebagai lembaga yang membantu mahasiswa mengembangkan potensi pribadi, sosial, belajar dan karier serta mengatasi hambatan perkembangan yang mempengaruhi kesuksesan akademis selama perkuliahan dan perencanaan masa depan. Bentuk bantuan yang kami berikan adalah layanan bimbingan dan konseling dengan perspektif multikultur.

 

TUGAS

Memberikan pelayanan bimbingan dan konseling dengan perspektif multikultur untuk optimalisasi perkembangan pribadi, sosial, akademik dan karirĀ  kepada sivitas akademika dan masyarakat umum

 

FUNGSI

Melaksanakan pelayanan asesmen psikologis pedagogis untuk siswa dan mahasiswa

Melaksanakan pelayanan pengembangan profesionalitas dosen dan karyawan

Melaksanakan pelayanan bimbingan dan psikoedukasi

Melaksanakan pelayanan konselingĀ  dan konsultasi

Melaksanakan pelayanan pelatihan dan workshop facilitating