Bedah Buku Karya Dosen UNJ

bedah buku karya dosen

Selasa (02/12/14), Pusat Sumber Belajar (PSB) - Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), menyelenggarakan bedah buku karya dosen UNJ, di gedung Raden Dewi Sartika, Lt. 2, ruang siding Maftuchah Yusuf.

Buku karya dosen merupakan sebuah karya akademis yang mempunyai nilai atau kum tersendiri untuk kenaikan pangkat. Buku tersebut nantinya dapat digunakan sebagai referensi atau sumber belajar dalam perkuliahan pada mata kuliah yang diampu dosen sebagai penulisnya, atau digunakan oleh dosen lain.

Empat buku karya dosen dibedah pada siang sampai sore hari ini, yaitu buku Pengembangan Sumber Belajar karya Prof. Dr. B. P. Sitepu, M.A. dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 30 Hari Belajar Bahasa Mandarin dengan Mudah dan Lancar karya Aprillia Ruby Wikarti, M.A. dari Fakultas Bahasa, Manajemen Konstruksi karya Irika Widiasanti, M.T. dari Fakultas Teknik, dan Manajemen Pembiayaan Pendidikan karya Dr. Matin, M.Pd. dari FIP.

Bedah buku karya dosen sudah merupakan acara tahunan, program dari PSB. Kepala PSB, Dr. Khaerudin, menyampaikan bahwa acara ini bertujuan mengapresiasi karya dosen yang telah menulis buku sebagai sumber belajar untuk mata kuliah yang diampu, bedah buku seperti ini sekaligus sebagai ajang publikasi kepada mahasiswa secara lebih luas.

“Masukan pada penulis terkait kelemahan dan kelebihan buku, itu sangat bermanfaat untuk perbaikan buku tersebut dalam penerbitan edisi selanjutnya, sehingga itu artinya sumber belajar yang ada semakin baik,” tambah Khaerudin.

Bedah buku yang dihadiri ratusan mahasiswa dan puluhan dosen ini berlangsung dengan meriah dan penuh antusiasme. Selain dalam rangka mengapresiasi dan memperbaiki sumber belajar, acara bedah buku turut berkontribusi dalam membangun iklim akademik di lingkungan civitas akademika UNJ. [Imam F. Rahmadi]