Pelatihan Adobe Flash bagi Dosen UNJ

pelatihan flash

Pusat Sumber Belajar (PSB) - Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (03/12/14) menyelenggarakan pelatihan Adobe Flash bagi dosen UNJ, diselenggarakan di laboratorium micro teaching PSB, gedung Raden Dewi Sartika, lt. 6.

Pelatihan dihadiri para dosen UNJ dari berbagi fakultas. Mendatangkan Hamidilah Ajie, S.Si, MT. dari Fakultas Teknik sebagi instruktur. Hamidilah menjelaskan bagaimana dasar-dasar penggunaan Adobe Flash, membuat gambar sederhana, dan membuat animasi untuk gambar sederhana tersebut.

Pelatihan berjalan dengan interaksi yang intensif antara peserta dengan instruktur, karena dalam pelatihan ini peserta langsung mempraktikkan apa yang sudah dijelaskan oleh instruktur. Meski usianya sudah tidak bisa dibilang muda lagi, Dr. Supadi, M.Pd. dosen Jurusan Manajemen Pendidikan (MP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), sangat serius mencoba membuat gambar sederhana.

Ungkap Supadi, “Kegiatan seperti ini sangat perlu, karena kita sebagai dosen yang notabene generasi pra digital, sekarang harus bisa mengemas materi pembelajaran menggunakan teknologi digital supaya lebih menarik. Mahasiswa sekarang itu mahasiswa era digital, sehingga untuk menggugah motivasi dan kegairahan belajar penyampaian juga harus menggunakan media digital.”

Pelatihan ini bertujuan memberi keterampilan software Adobe Flash bagi dosen UNJ, supaya nantinya para dosen dapat membuat media sederhana untuk keperluan pembelajaran pada mata kuliah yang diampu. [Imam F. Rahmadi]