MONITORING DAN EVALUASI PPL PPG SM-3T UNJ 2017

WhatsApp Image 2017-10-09 at 13.58.57 (2)

Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Senin 9 Oktober 2017, menerima perwakilan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Angkatan V 2017.

Monev bertujuan memperoleh data dan informasi, mengenai kualitas kinerja peserta PPG dalam pelaksanaan PPL di sekolah-sekolah mitra. Secara khusus, monev ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai: (1) Pencapaian kompetensi akademik, pedagogik, dan sosial kepribadian mahasiswa PPG SM-3T dalam pelaksanaan PPL; (2) Pencapaian kompetensi nonmengajar (seperti mengerjakan administrasi sekolah, manajemen pendidikan, membina kegiatan ekstrakurikuler); dan (3) Dampak pelaksanaan PPL PPG SM-3T terhadap hasil belajar peserta didik.

Dalam rangka menindaklanjuti surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 670/B2.2/LL/2017 tanggal 25 September 2017 tentang Pemberitahuan Monitoring dan Evaluasi Praktik Pengalaman Lapangan (Monev PPL) Program PPG Tahun 2017 dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan Monev Workshop / Lokakarya pada tanggal 11 Mei - 14 Juni 2017 di 23 LPTK. UNJ sebagai LPTK penyelengaara PPG SM-3T, mendapat bagian monev untuk Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Seni Budaya dan Pendidikan Kewarganegaraan pada tanggal 8 - 11 Oktober 2017. Petugas Monev yang berkunjung ke lokasi dan memberikan penilaian adalah Hidayat (UPI), Rita Milyartini (UPI), Edi Mulyono ( Belmawa) dan Redo'an Oscar (Belmawa). Senin, 9 Oktober 2017 pemonev mendatangi sekolah mitra tempat mahasiswa PPG melaksanakan program PPLnya, yakni SLB C Asih Budi untuk Prodi PLB dan SMP  Labschool Rawamangun untuk Prodi Sendratasik menjadi monev yang pertama.

Sebelum berkunjung, pemonev diterima dan disambut oleh ketua LP3M UNJ Dr. Totok Bintoro, M.Pd, Sekertaris LP3M UNJ Dr. Endang Sri Rahayu, M.Pd, Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi Dr. Khaerudin, M.Pd, Koordinator Pusat PPL dan PKL Dr. Gusti Yarmi, M.Pd, Guru Pamong dan Dosen Pembimbing. Petugas monev dalam kunjungannya didampingi oleh Koordinator Pusat PPL dan PKL dan Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi, Guru Pamong dan Dosen Pembimbing.

Untuk jadwal tanggal 10 Oktober 2017, Pemonev akan mengunjungi Sekolah mitra SMA 21 Jakarta dan SMA Diponegoro untuk prodi PKn. Setelah melakukan kunjungan, akan ada kegiatan FGD (Focus Group Discussion) terkait hasil kunjungan pemonev ke sekolah mitra. Pemonev juga akan dijelaskan terkait hasil monitoring dan evaluasi internal yang dilakukan secara online/survey.