PELATIHAN BAHASA ISYARAT BAGI RELAWAN DISABILITAS

Screen Shot 2017-10-09 at 2.26.32 PM

Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas (PPALD) – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (25/9/2017) menyelenggarakan pelatihan disabilitas yang dinamakan "Pelatihan Bahasa Isyarat Bagi Relawan Disabilitas", di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 5.

Pelatihan bahasa isyarat bagi relawan disabilitas dilakukan oleh Bapak Agus Broto (Universitas Indonesia) dan Tri Erwin Syah P (mahasiswa UNJ dari Fakultas Bahasa dan Seni Prodi Seni Rupa. Pelatihan ini diperuntukkan bagi para relawan yang akan membantu mahasiswa disabilitas UNJ, khususnya bagi mahasiswa tunarungu atau tuli yang membutuhkan bantuan penerjemah di waktu tertentu, misalnya pada saat melakukan ujian skripsi.

Yang diajarkan pada pelatihan ini antar lain pengenalan huruf alphabeth dengan menggunakan bahsa isyarat, juga cara berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat. Bahasa BISINDO digunakan dalam pelatihan ini karena mudah dan cepat dimengerti. Dalam pelatihan ini, semua peserta tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja, akan tetapi dari kalangan dosen  juga.

Target yang ingin dicapai pada pelatihan ini adalah para relawan dapat segera mendampingi mahasiswa disabilitas UNJ. Untuk itu, pelatihan ini  akan dilakukan 2 kali pertemuan dalam satu minggunya yaitu setiap hari Senin dan Rabu pukul 16.00 s.d selesai selama satu semester.

 

(adm)