SEMINAR DISKUSI : PEMBUATAN SOAL EVALUASI

Screen Shot 2017-10-09 at 2.29.58 PM

Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas (PPALD) – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (26/09/2017) menyelenggarakan Seminar dan Diskusi (Semdis) dengan tema "Pembuatan Soal Evaluasi", diselenggarakan di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 5, UNJ.

Seminar Diskusi ini dibuka oleh Dr. Endang Sri Rahayu, M.Pd selaku Sekretaris LP3M, sedangkan  Semdis ini disampaikan oleh Prof. Dr. Yetty Supriyati, M.Pd.

Dalam Semdis ini, target hasil yang ingin dicapai adalah untuk mempermudah dalam menyusun butir soal dan instrumen. Seperti yang dijelaskan oleh Prof. Dr. Yetty Supriyanti, M. Pd bahwa setiap selesai menjelaskan mengenai materi/topik yang sudah diajarkan, harus ada ulangan-ulangan untuk memberikan penilaian. Tips dalam membuat option yang baik juga disampaikan dalam Semdis ini. Dalam membuat option yang baik, apabila option/jawaban dapat dimengerti oleh peserta didik, menggunakan kata-kata yang kedengarannya sama (atmosfer, troposfer, dll), ada keterkaitan antar jawaban (ilmu politik, politikus), dan menggunakan bahasa yang baku.

Dalam penghujung Semdis ini, tidak lupa Prof. Dr. Yetty Supriyanti, M. Pd menyampaikan beberapa saran dalam pembuatan soal evaluasi.

 

(adm)