Sosialisasi Informasi Penyalahgunaan Narkoba dan Tes Urine bagi mahasiswa PPG SM-3T Angkatan VI Tahun 2018

4

Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (06/01/18) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Sosialisasi Informasi Penyalahgunaan Narkoba dan Tes Urine bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Angkatan Vl Tahun 2018 yang diselenggarakan di Rusunawa Lt. dasar PPG kampus B UNJ.

Kegiatan Sosialisasi Informasi Penyalahgunaan Narkoba dan Tes Urine di hadiri oleh ketua LP3M Dr. Totok Bintoro, M.Pd, Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi Dr. Khaeruddin, M.Pd, Pengelola Asrama, staff LP3M serta Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta. Seluruh mahasiswa PPG SM3T UNJ diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pada saat sosialisasi tentang bahaya Narkoba, sebagian peserta melakukan pemeriksaan Tes Urine. Tes urine ini dilakukan untuk memastikan calon guru PPG SM3T terbebas dari pengaruh jahat narkotika, obat-obatan dan zat terlarang. Tes urine ini merupakan wujud nyata dari komitmen yang dipegang oleh Kemenristek Dikti  melalui Rektor seluruh Indonesia yang memiliki peserta didik PPG SM3T bahwa calon guru tidak hanya harus menguasai materi-materi mengajar dan ketrampilan dalam mendidik akan tetapi juga harus memiliki kualitas dan identitas.

5

Hasil dari test urien tersebut langsung bisa di ketahui oleh Mahasiswa PPG SM3T pada saat itu. jika terbukti Positif (+) menggunakan Narkoba dan sejenisnya, maka mahasiswa tersebut akan direhabilitasi, diberikan penyuluhan, sangsi bahkan dikeluarkan dari program PPG.