Workshop Pengembangan Kurikulum UNJ Tahun 2018

Screen Shot 2018-03-28 at 1.09.33 PM

Koodinator Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas (PALD) - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), menyelenggarakan kegiatan "Workshop Pengembangan Kurikulum UNJ Tahun 2018" yang berlangsung pada hari Jumat s.d. Minggu (23-25/03/18) di Hotel Horison Bekasi dengan narasumber Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T (Dosen Tetap Teknik Fisika ITS dan Tim Kurikulum Akademik, Vokasi, Profesi dan LPTK Kemenristekdikti).

Pembukaan dan laporan kegiatan di sampaikan oleh Dr. Asep Supena, M.Psi selaku Koordinator Pusat Pengembangan Akademik dan Layanan Disabilitas LP3M UNJ, acara di hadiri oleh 7 koorprodi pendidikan (Tata Boga, Bahasa dan Sastra Indonesia, PG - Paud, Matematika, Geografi, Penjaskesrek, dan Ekonomi) serta dosen pendamping dan staf LP3M. Workshop Pengembangan kurikulum UNJ Tahun 2018 ini merupakan tindak lanjut dari Kegiatan sebelumnya yang  sudah mulai dilaksanakan pada tahun 2017 yaitu bulan Agustus sampai dengan November sebanyak 3 kali, yang mana menghasilkan 4 produk dari 7 prodi. Pada Workshop kali ini prodi di minta mencermati ulang, merekonstruksi dan menyempurnakan kurikulum. Sehingga menjadi sebuah dokumen yang nantinya akan menjadi acuan, standar untuk semua prodi pedidikan di Fakultas.

Dr. Ir. Syamsul Arifin M.T sebagai narasumber memberikan penjelasan terkait Kurikulum Pendidikan Tinggi yang membahas tentang kurikulum, akademik, vokasi profesi, SPMI – SPME, siklus dan model kurikulum. Selain itu narasumber juga membahas tentang evaluasi kurikulum dan tracer study, landasan perancangan pengembangan kurikulum, rumusan standar kompetensi lulusan (SKL), capaian pembelajaran lulus (CPL), pembentukan mata kuliah (MK), penentuan bobot SKS, matrik disribusi mata kuliah (MK), rencana pembelajaran semester (RPS), evaluasi pembelajaran, rencana implementasi kurikulum, manajemen sampai dengan mekanismenya.

Screen Shot 2018-03-28 at 1.09.43 PM

Setelah pemaparan materi dari narasumber, acara selanjutnya adalah pelaksanakan workshop Penyempurnaan kurikulum UNJ Tahun 2018 yang di titik beratkan kepada SKL dan CPL. Peserta dibagi menjadi tim sesuai tugas yang diberikan dan di paparkan pada saat presentasi. Acara ditutup pada hari Minggu (25/03/2018) pukul 11.00 WIB oleh Dr. Gusti Yarmi, M.Pd Selaku Koordinator Pusat PPL dan PKL LP3M UNJ.

Screen Shot 2018-03-28 at 1.09.26 PM