Workshop Program PKM Berbasis Online

Screen Shot 2018-04-24 at 3.43.45 PM

Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jumat-Sabtu, 20-21 April 2018 menyelenggarakan kegiatan workshop program PKM berbasis online bagi Koordinator PKM setiap Fakultas dan Koordinator PKM Program Studi di FIP yang diselenggarakan di Hotel Horison, Bekasi.

Workshop program PKM berbasis online ini dibuka oleh Dr. Riyadi, MT selaku PPK LP3M. Tahun ini, Universitas Negeri Jakarta mulai melaksanakan program PKM secara online mulai dari tahap pendaftaran, verifikasi kunjungan dosen, monev, hingga pelaporan hasil kerja PKM mahasiswa. Semua program studi dari 8 Fakultas berbeda di UNJ akan mengikuti PKM berbasis online. Khusus untuk prodi di FIP seperti TP, MP, BK dan PLB sengaja diundang karena mempunyai ciri khas tersendiri yang unik dalam alur kegiatan dan prasyarat PKM.

Kegiatan workshop tersebut membahas tupoksi dan mekanisme dalam tahap pendaftaran, pelaksanaan dan pelaporan PKM yang disertai SOP dan dokumen pendukung lainnya. Hasil dari workshop ini nantinya akan disampaikan kepada Pustikom selaku Tim IT yang akan membuat sistem online PKM di website UNJ.

Mahasiswa yang mengikuti PKM Tahun 2018 haruslah mahasiswa aktif yang prodi kependidikan yang telah lulus minimal 110 sks pada smt sebelumnya dimana mencakup MKDK dan mata kuliah PBM. Selain itu juga mendapat sertifikat mikroteaching dari PSB. Mahasiswa tersebut akan dibimbing oleh dosen pembimbing PKM lulusan minimal S2 yang sudah memiliki NIDN atau NIDK. Bagi dosen yang non-dik juga harus minimal S2 dan harus mempunyai sertifikat Pekerti atau AA.

“PKM akan dilaksanakan di sekolah mitra PKM UNJ yang telah terakreditasi minimal B dengan ruang kelas yang memadai.”kata Dr. Gusti Yarmi, M.Pd

 

(Restu CN)