Seminar Penyamaan Persepsi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UNJ

Screen Shot 2018-04-27 at 9.04.34 AM

Kantor wakil rektor I Bidang Akademik dengan Pusat Penjaminan Mutu (Pusat PjM) - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), menyelenggarakan kegiatan "Seminar Penyamaan Persepsi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UNJyang berlangsung pada hari Selasa (24/04/18) di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika, Lantai 2. Dalam kegiatan Seminar ini, Kantor WRI dan PJM turut mengundang Tim Pengembang Pusat SPMI Dirjen Belmawa Kemenristekdikti yaitu Prof. Dr. Johannes Gunawan, S.H.,LL.M, Prof. Dr. Bennadette M. Waluyo, Dr. Ir. Setyo Pertiwi M.Agr sebagai narasumber.

Acara dimulai dengan laporan dari Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Muchlis R. Luddin. "Kegiatan pagi ini diinisiasi untuk menyamakan persepsi tentang pentingnya penjaminan mutu di dalam pendidikan tinggi terutama di UNJ, karena masih ada yang belum mengerti tentang pentingnya penjaminan mutu. Penyusunan draf dokumen SPMI sudah dilakukan oleh LP3M melalui koordinator pusat penjaminan mutu dan tim GPjM Fakultas/PPs sejak Oktober 2017 melalui kegiatan Workshop. Draf Dokumen SPMI (Kebijakan, Manual dan Standar SPMI) sudah diserahkan ke WR I untuk ditindaklanjuti ke pimpinan agar direview kembali oleh tim eksternal dari Dirjen Belmawa Kemenristekdikti sedangkan Formulir belum diselesaikan, dan amsih dalam proses penyelesaiaan. Seminar hari ini mengundang 165 peserta yang terdiri dari seluruh civitas akademika antara lain: Pimpinan dan Wakil Rektor Universitas, Pimpinan Fakultas/Pascasarjana dan para Wakil Dekan, Koordinator prodi, GPjM Fakultas/PPs, serta pihak terkait sehingga mendapatkan informasi yang jelas tentang SPMI ini."

Selanjutnya Prof. Intan Ahmad, Ph.D memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi, "Seminar ini mengundang narasumber yang relevan, untuk itu mohon dibicarakan permasalahan-permasalahan yang ada, saling sharing pemahaman, manfaatkan sebaik baiknya agar mutu kita dapat meningkat secara bertahap. Mutu itu membutuhkan kesadaran dari semua pihak. Jangan mengacu pada standar saja, tapi diusahakan melebihi standar sehingga mutu kita bisa ditingkatkan,"

Screen Shot 2018-04-27 at 9.04.50 AM

Setelah acara dibuka oleh Plt. Rektor, selanjutnya adalah masuk ke acara inti, pemaparan materi dari narasumber dengan moderator Dr. Totok Bintoro, M.Pd. Pembicara pertama Prof. Dr. Johannes Gunawan, S.H.,LL.M membahas tentang  Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-PT) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Pembicara kedua Prof. Dr. Bennadette M. Waluyo memaparkan materi terkait Kebijakan Nasional SPMI, dan pembicara terakhir Dr. Ir. Setyo Pertiwi M.Agr menyampaikan materinya terkait Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Screen Shot 2018-04-27 at 8.58.08 AM