FORUM PPG Dalam Jabatan UNJ 2018

PENGUMUMAN:

MOHON JADI PERHATIAN DARI SEMUA PESERTA PPG DALAM JABATAN BAHWA APABILA ADA ORANG YANG MENGATAKAN BAHWA PESERTA BISA DIDROP OUT ATAU  MENAWARKAN BANTUAN UNTUK MELULUSKAN DENGAN MENGATASNAMAKAN PIHAK UNJ, ITU DAPAT DIPASTIKAN PENIPU! MOHON JANGAN DILAYANI!!

 

Tuliskan diskusi, saran, komentar dan krtitik Saudara pada pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 Universitas Negeri Jakarta pada kolom komentar di bawah ini!

Sampaikan juga kendala-kendala terkait sistem yang dialami selama proses daring.

Sistem Hybrid Learning PPG Dalam Jabatan: Log in

 

Silakan download link berikut untuk panduan:

Link Download

29 Comments

  1. miftahul hadi10 Juli 2018 at 13:04

    admin mohon bikin grup wa untuk ppg tahap 2 ini , kami yang d papua kesulitan akses internet

    Balas
  2. Citra Rahmayanti10 Juli 2018 at 05:44

    Saya memiliki saran dan keluhan terkait daring ini, yaitu :
    1. Sistem daring’nya sudah bagus, hanya saja banyaknya tugas tidak sebanding dengan jangka waktu pengumpulan yang sangat sempit sehingga dalam pengerjaannya saya sangat terburu-buru. Sewaktu bimtek diberitahukan bahwa dalam sehari membutuhkan waktu 2 jam untuk dapat mengerjakan tugas-tugas daring, tapi pada kenyataannya saya bisa seharian di depan laptop bahkan sampai begadang karena terlalu banyaknya tugas daring yang harus dikerjakan.
    2. Terkait dengan pelaksanaan workshop dan PPL yang memakan waktu 2 bulan saya harap pihak UNJ bersedia mengeluarkan surat keterangan bahwa kami benar-benar melakukan kegiatan tatap muka full sehingga kami harus cuti dari mengajar. Hal ini terkait ijin dari pihak sekolah dan yayasan yang hanya mau memberikan ijin cuti mengajar jika ada surat keterangan tersebut. Sangat disayangkan kalau kami sudah bersusah payah mengerjakan daring akan tetapi ujung-ujungnya terpaksa mundur karena sekolah dan yayasan tidak mengijinkan dikarenakan tidak ada surat keterangan tersebut.
    Sekiranya saran dan keluhan saya ini bisa dipertimbangkan. Terima Kasih.

    Balas
  3. indra nasrul9 Juli 2018 at 07:40

    Assalamu Alaikum…
    Saya Indra dr Nunukan,msuk tahap II UNJ,,, mhon langkah2 apa u mlksnkn tgs daring!

    Balas
  4. Cicilia Reni9 Juli 2018 at 01:43

    selamat pagi, mohon informasi user name pasword untuk modul SPADA PPG Dalam Jabatan tahap II

    Balas
    • Lili Suriani9 Juli 2018 at 09:18

      Selamat sore, saya mau tanya user name dan password untuk buka modul bukan dari kita kan?

      Balas
  5. Albertus Bambang Buntoro9 Juli 2018 at 00:54

    Saya peserta PPG tahap II. Harap info pelaksanaan daring tanggal 9 Juli 2018. Salam Albert-Sorong.

    Balas
  6. Siti Ruyani7 Juli 2018 at 22:50

    sekarang sudah tanggal 8 juli 2018 mohon informasinya pelaksanaan pembelajaran daring besok (9 juli 2018)

    Balas
  7. purnomo sandra7 Juli 2018 at 02:13

    sya psrt ppg thn II yo bkin wa.. ni no sya 087896254869 agr kmksi mdh n bsa brbgi ilmu.. krn sy blm mgrt PPG

    Balas
  8. Deny Widi Nugroho7 Juli 2018 at 01:29

    selamat pagi, mau tanya tentang info mengenai program daring bagaimana ya?(PPG tahap 2)
    terimakasih.

    Balas
  9. Fiqi khusnul khotimah6 Juli 2018 at 09:17

    Sy peserta ppg tahap 2 di unj. Mengenai informasi daring bagaimana y

    Balas
  10. Maesatul3 Juli 2018 at 07:57

    apakah tahap 2 akan diadakan bimtek daring?

    Hanya ingin menginformasikan grup chat whatsapp PPG tahap 2 https://chat.whatsapp.com/CcDB34zMgO1HHA2Omtag7R

    Balas
  11. Kristine yuliani2 Juli 2018 at 07:32

    Selamat siang, sy calon peserta PPG dalam jabatan tahap 2 dari kalimantan barat, smpai skrg sy msh bngung dgn sstem daring nnt bgmana, sy blom mnemukan teman2 yg sm dgn sy utk mmbuat grup wa yg nnt akan brguna utk berbagi info. Mhon masukanny

    Balas
    • Ibrahim2 Juli 2018 at 11:02

      Saya jg calon peserta PPG tahap 2 UNJ

      Balas
      • septy nuraelis3 Juli 2018 at 02:17

        Sama @bu kristine dan @p ibrahim, saya juga calon peserta ppg tahap 2, dari bandung.Sy rasa sangat butuh grup wa untuk komunikasi, sharing info.

        Balas
        • saya juga colon ppg tahap 2 dari sulawesi selatan Tana Toraja belun mengerti itu sistin daring dan belum mengenap juga teman teman di tahap 2.

          Balas
  12. Program PPG Dalam Jabatan ini sangat bagus. Ada beberapa saran:
    1. Materi yang harus dipelajari dan tugas yang harus dikerjakan menurut saya bebannya sangat banyak. karena deadline-nya hanya sebentar. Di bulan puasa dan lebaran ini waktu peserta ppg banyak tersita untuk mengerjakan tugas2.
    2. Sebelum pelaksanaan PPG daring ini baiknya ada pelatihan & simulasi selama 1-2 minggu untuk daring. Untuk mencoba mengerjakan tugas2 di 1 modul sebagai contoh. Agar saat pelaksanaan PPG daring sesungguhnya. Peserta PPG tidak banyak tanya pada pembimbing/help desk, peserta bisa paham cara pengisian di setiap konten, tidak ada kesalahan dalam upload, dan mengecek sistem daring apakah sudah mantap atau belum. karena jika 1 pembimbing ditanya oleh setiap peserta kewalahan juga.
    3. Sistemnya harus benar2 diujicoba. pelaksanaan daring sampai saat ini, permasalahan yang sudah timbul: (a) konten tugas dan tes formatif di modul 4 pedagogik tidak muncul, jadi kami harus mengerjakannya gimana? (b) Karena dikonten tidak muncul, kami mengerjakan di profil-process, kita sudah upload & kita kerjakan semuanya, tapi kata pembimbing & sistem kita belum mengerjakan. padahal sudah kami kerjakan. sebagai bukti telah mengerjakan kami ada bukti screen shoot tes telah dilaksanakan & tugas telah diupload. (c) Kita sudah upload tugas di conten, tapi di progress masih kosong, (d) kita harus upload di konten/progress? (d) Di modul 4 KB3, beberapa peserta harus mengulang tes formatif beberapa kali. dengan jawaban yang sama, di pengulangan berikutnya nilainya kok beda? (e) video conference yang gagal, karena jaringan.
    4. Harus ada kontak layanan jika terjadi masalah. karena saat ini ada masalah seperti yang saya sebutkan di nomor 3, belum ada perbaikan sistem. Dan jika ada masalah/persoalan kita menghubungi siapa? Jika ada kontak layanan, mudah-mudahan segala permasalahan bisa selesaikan & direspon dengan cepat.
    5. Untuk workshop/tatap muka baiknya tidak full selama tiap hari/ minggu. Karena kami sebagai guru swasta dan berkeluarga agak repot jika full dalam tiap hari/ minggu harus workshop.
    Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

    Balas
  13. rika yunita25 Juni 2018 at 07:20

    Program PPGDalJab ini menurut saya bagus untuk bisa mengembangkan profesionalitas guru, namun dalam pelaksanaan daring yang saya lakukan pada awalnya masih banyak kesalahan-kesalahan sistem yang membuat kami bingung. banyak hal yang kurang dipahami dalam mengerjakan tugas, jadi mengerjakan sesuai dengan persepsi kami masing-masing.

    Balas
  14. Latifahdamiri64@gmail.com24 Juni 2018 at 23:56

    Pelaksanaan PPG melalui daring memang bagus mengikuti perkembangan zaman. Akan tetapi kami yg secara usia sepuh trkendala kemampuan kami dalam bidang IT dan bahasa inggris, karena tugas analisis video menggunakan bahasa inggris.
    Smoga menjadi bahan evaluasi

    Balas
  15. Sri handayani24 Juni 2018 at 11:03

    Program daring ini sangat bagus bagi guru namun jangka waktu tugas sangat cepat apalagi saat liburan pas hari raya, jadi deadline tugas membuat saya mengerjakan dengan sangat terburu-buru sehingga hasilnya tidak maksimal.
    Saya harap pelaksanaan perkuliahan jangan dilakukan tiap hari sampai tiga bulan agar saya bisa melaksanakan kewajiban mengajar disekolah karena status saya masih UMP di sekolah negeri. Mohon di pertimbangkan ulang untuk pelaksanaan perkuliahannya.

    Balas
  16. Eva Mawarni24 Juni 2018 at 06:14

    Program PPGDJ ini menurut saya sangat baik dilakukan untuk mencetak guru-guru profesional yang terus belajar. Banyak hal yang saya pelajari lewat daring ini, hanya saya berharap instruktur yg mengajarkan modul boleh mudah untuk diskusi dgn kami, karna banyak pertanyaan yg berkaitan dengan tugas dan tes formatif. Terkadang soal di tes formatif setelah dikerjakan berkali2 untuk mendapatkan jawaban yang benar kami menemukan soal dengan jawaban yang berbeda dengan modul. Hal ini harusnya dapat didiskusikan dengan dosen, namun sering kami terkendala untuk bertanya ataupun bingung bagaimana bertanyannya karna sulitnya kontak langsung dengan dosen, viconpun seperti tidak membantu.
    Selain itu saya juga setuju dengan ibu imas dan ibu sri. Mungkin boleh didiskusikan kembali waktu pelaksanaan untuk lokakarya dan ppl karna kami juga harus mengajar di sekolah masing2.
    Terima kasih..

    Balas
  17. Program daring ini sangat baik agar guru bs menhikuti perkembangan zaman dan perkembangan peserta didik.namun mohon untuk tes sumatif ada remedial agar kami yang sudah berusaha mengerjakan tugas hingga larut malam dapat lulus semua.

    Balas
  18. Prastia Resti Utari24 Juni 2018 at 04:45

    Pada dasarnya PPG dalam jabatan UNJ ini bagus. Bisa menambah pemahaman guru tentang pembelajaran abad 21. Namun, jangka waktu yang lama dan deadline tugas yang cepat membuat kami sedikit terburu2.

    Balas
  19. Ria Hardiyati24 Juni 2018 at 04:43

    Sistem daring nya sangat bagus, namun terkait tugas2 yang harus cepat dikumpulkan di waktu liburan itu menurut saya sedikit merepotkan, mencari2 buku sumber untuk dijadikan bahan referensi membuat proposal atau makalah misalnya. Mungkin akan lebih baik jika tugas tersebut diberikan saat hari efektif sekolah. Namun saya sangat mengapresiasi atas tujuannya, yaitu menciptakan guru2 yg profesional dalam bidangnya.

    Balas
  20. Fitria Rachmanniati24 Juni 2018 at 03:55

    Sistem PPG ini sangat mengikuti perkembangan era digital abad 21
    Sangat bagus dan dapat ditiru utk pembelajaran ditingkat SMA yang sudah memasuki program SKS yabg dapat menunjang siswa pembelajar cepat.
    Sistem PPG ini dapat mencetak guru-guru profesional. Dengan sistem daring para guru diberi kebebasan dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada.
    Maju terus pendidikan Indonesia.
    Jangan pernah berhenti belajar.

    Balas
  21. Saya harap pelaksanaannya tidak Daring, karena guru guru yg sudah berumur seperti saya yang sebentar lagi memasuki masa pensiun kurang begitu akrab dengan internet. Kemampuan guru dalam mengajar tdk bisa diukur dari suksesnya mengerjakan tugas tugas daring. Kami mengajar sudah puluhan tahun, jangan sampai nasib kami untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi terhambat karena daring. Mohon dipertimbangkan, saya lebih berharap pelatihannya dilakukan secara tatap muka, lebih jelas dan transparan.

    Balas
  22. imas esti rahayu24 Juni 2018 at 03:03

    Program PPGDJ ini menurut saya sangat baik dilakukan untuk mencetak guru² profesional. Hanya saja pelaksanaan Lokakarya dan PPL yang di laksanakan di LPTK membuat sebagian besar mahasiswa terutama yang sudah berkeluarga dan memiliki balita sangat berat dan kerepotan jika harus PUlang pergi dengan jadwal yg padat dan tempat yang jauh, apalagi kalau harus kost meninggalkan keluarga selama 2-3 bulan. Apakah tidak bisa pelaksanaan lokakarya hanya 2-3 hari setiap minggunya? Agar kami juga masih bisa menunaikan kewajiban mengajar di sekolah masing².
    Mohon dipertimbangkan ulang untuk pelaksanaan lokakarya. Apakah tidak bisa dilaksanakan di dinas kabupaten masing²??

    Terima kasih.

    Balas

Your email address will not be published.