Lokakarya PKM Dosen UNJ Tahun 2016

Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Proposal PKM IPTEKS dengan tema “Peningkatan Kualitas  dan  Kuantitas  Proposal  Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat UNJ Tahun 2016” pada hari Kamis tanggal 2 Juni 2016 bertempat di gedung Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Peserta kegiatan adalah para dosen penerima PKM dana BLU UNJ, para Kaprodi, dan dosen UNJ yang berminat untuk mengikuti kegiatan lokakarya tersebut. Panitia menghadirkan narasumber dari UPI Bandung Ibu Prof. Dr. Hj. Ratih Hurryati,M.Si. Beliau adalah Reviewer yang berpengalaman dalam pengajuan proposal Pengabdian Masyarakat di lingkungan Kemenristek DIKTI.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan dan memotivasi para dosen sehingga jumlah dan kualitIMG_7288as proposal yang diajukan dapat meningkat. Pada tahun ini LPM UNJ telah mendanai 24 Judul proposal pengabdian masyarakat dari dana BLU, dengan harapan dapt menjadi batu loncatan untuk penerimaan proposal ketingkat nasional di Kemenristek Dikti.

Dalam kesempatan tersebut Ketua LPM Universitas Negeri Jakarta Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd memberikan sambutan dan laporan kegiatan Lokakarya penyusunan Proposal PKM, dan sebagai Keynote Speaker oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. H. Djaali sekaligus membuka acara. Dalam pidatonya, Bapak Rektor memberikan semangat kepada para Dosen di lingkungan Universitas Negeri Jakarta untuk menggalakkan semangat pengabdian kepada masyarakat.  Disampaikan pula bahwa kita boleh kehilangan yang lain tapi jangan kehilangan semangat. Dosen tugasnya 3, kadang 2 hanya sedikit yang melaksanakan PKM karena urutannya ada diurutan ketiga. Beliau juga mengatakan kalau Dosen adalah manusia pilihan, di Indonesia hanya 300 ribu. Dosen telah memenangkan kompetisi, merupakan rahmat dari Allah SWT dengan imbalan mengabdikan ilmu kita kepada mahasiswa dan kepada masyarakat terutama masyarakat luas.

Di UNJ ada 2 golongan, kependidikan dan non kependidikan. pertimbangan reviewer adalah kalu sekolah sudah banyak yang menangani sedangkan di masyarakat luas kurang yang menangani. Oleh karena itu sasaran P2M kita selanjutnya adalah masyarakat luas. Rasa Syukur dijadikan bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat. Kita sudah mentransfer ke mahasiswa, tetapi masyarakat kita tidak semua mendapat kesempatan menjadi mahasiswa. Dana lebih kecil tetapi keberkahannya lebih luas.

Akhirnya kegiatan ini telah dilaksanakan dengan harapan tujuannya dapat tercapai yaitu meningkatnya jumlah dan kualitas dari pengabdian masyarakat yang didanai oleh Kemenristek Dikti. Semoga Allah SWT memberikan anugerahNya. Amiin…