Profil

Profil LPM – UNJ

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (LPM-UNJ) adalah unsur pelaksana sebagian tugas dan fungsi Universitas Negeri Jakarta di bidang pengabdian kepada masyarakat yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor. LPM-UNJ dibentuk berdasarkan struktur organisasi; menurut Statuta IKIP Jakarta dengan SK Mendikbud RI Nomor: 012/O/1993, jo Kep. Mendikbud Nomor 0193/O/1995, dan SK Mendikbud RI Nomor 280/O/1999, tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Jakarta

Pada awalnya lembaga ini bernama Pusat Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) IKIP Jakarta. Setelah IKIP Jakarta berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), maka P2M IKIP Jakarta menjadi Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (LPM-UNJ) berdasarkan SK Mendikbud Nomor 280/O/1999.
LPM-UNJ mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat), bekerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta di luar Universitas Negeri Jakarta. Dalam pelaksanaan kegiatannya, LPM-UNJ didukung oleh para dosen yang terlatih dari semua fakultas di lingkungan Universitas Negeri Jakarta dan bekerjasama dengan perguruan tinggi lain di DKI Jakarta dan sekitarnya.
Fakultas-fakultas dan program yang ada di Universitas Negeri Jakarta meliputi :

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Fakultas Teknik (FT)
Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS)
Fakultas Ilmu Sosial (FIS)
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)
Program Pasca Sarjana (PPS)