Pelaksanaan Tes Urine PROGRAM PPG/PPGT UNJ TAHUN 2016

tesurine

Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Senin (16/01/17)  bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) DKI Jakarta menyelenggarakan Tes Urine bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T).

"Narkotika bukan hanya mempengaruhi 1 atau 2 orang. tapi juga mampu mempengaruhi nasib bangsa. Bapak/Ibu sekalian sebagai guru dapat juga menyampaikan kepada para murid tentang bagaimana bahaya narkotika, sehingga nasib bangsa ini dapat diselamatkan melalui Bapak/Ibu sekalian." pesan ini disampaikan oleh perwakilan dari BNN DKI Jakarta dalam program tes urine bagi mahasiswa PPG-SM3T UNJ di asrama.

Ratusan mahasiswa PPG-SM3T UNJ  tampak begitu antusias untuk melakukan pemeriksaan dan bahkan mereka rela harus antrian menunggu gilirannya masing-masing. Tes urine ini dilakukan untuk memastikan calon guru PPG-SM3T terbebas dari pengaruh jahat narkotika, obat-obatan dan zat terlarang. Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) mendadak melakukan tes urine di asrama. Keseluruhan acara berjalan dengan sangat lancar,  dan penuh antusias.

Tes urine ini merupakan wujud nyata dari komitmen yang dipegang oleh Kemenristek Dikti  melalui Rektor seluruh Indonesia yang memiliki peserta didik PPG SM-3T dan PPGT bahwa calon guru tidak hanya harus menguasai materi-materi mengajar dan ketrampilan dalam mendidik akan tetapi juga harus memiliki kualitas dan identitas.

- Anggit Al Furqon