KMD (INDOOR) MAHASISWA PPG SM-3T ANGKATAN V 2017

KMD INDOOR 2017

Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jum'at - Minggu (5-7/Mei/17) menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) angkatan V, UNJ.

KMD diikuti oleh 242 mahasiswa PPG SM-3T angkatan V. KMD diselenggarakan 3 hari di dalam ruangan (indoor) dan 3 hari di luar ruangan (outdoor). KMD di dalam ruangan, diselenggarakan di gedung serbaguna kampus B UNJ dan di asrama mahasiswa PPG UNJ.

Secara resmi, KMD dibuka oleh Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H., M.Si selaku perwakilan dari KWARDA DKI Jakarta. Mengutip dari Robert Baden Powell (Bapak Pramuka se-Dunia) bahwa "the most worth-while thing is to try to put happiness into the lives of others" Ibu Sylviana menekankan "hal yang paling bernilai adalah saat kita mencoba untuk menempatkan kebahagiaan dalam kehidupan orang lain, oleh sebab itu jangan pernah ragu untuk memberikan kebahagiaan kepada orang lain, kepada murid-murid kita, para generasi bangsa".

Ibu Sylviana juga berbicara tentang bagaimana perkembangan pramuka yang mengalami pasang surut, Visi gerakan pramuka, dan bagaimana mengoptimalisasi kepramukaan bagi generasi muda.

"Pada kesempatan ini, marilah kita selalu berupaya meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yaitu satu diantaranya melalui kegiatan kepramukaan. Problematika generasi muda saat ini sangatlah kompleks, apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat. Untuk itu adalah harapan kita bersama bahwa generasi mendatang harus dibekali tidak saja ilmu pengetahuan, tetapi juga mental dan moral yang baik. KMD ini adalah salah satu pendidikan karakter untuk generasi muda. Saya berharap semoga para guru peserta KMD ini bisa menjadi teladan dan pembina yang baik bagi generasi muda, karena di masa mendatang generasi muda adalah penerus perjuangan bangsa, penerus pembangunan negeri ini."

IMG_1433

Selain perwakilan dari KWARDA DKI Jakarta, turut hadir pula Dr. Achmad Ridwan, M.Si selaku Wakil Rektor IV Universitas Negeri Jakarta, Dr. Endang Sri Rahayu, M.Pd selaku sekertaris LP3M dan Dr. Khaerudin, M.Pd selaku koordinator pusat pendidikan profesi dan sertifikasi, juga para pengurus asrama PPG UNJ.

-Anggit Alfurqon