Seminar Nasional dan Pameran Foto SM-3T

Screen Shot 2017-06-12 at 2.07.46 PM

Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) angkatan V dan Pendidikan Profesi Guru Terintegerasi angkatan III, bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (8 Juni 2017) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Menyongsong Guru Profesional Masa Depan” dan Pameran Foto Pengabdian SM-3T, diselenggarakan di Gedung Dewi Sartika, Aula Latief, Lantai 2, UNJ.

“Diselenggarakannya Seminar dan Pameran ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru dalam dunia pendidikan. Salah duanya adalah kekurangan guru di daerah terpencil dan ketidaksesuaian keahlian guru dengan tugas mengajar (Missmatch). Dari permasalahan tersebut, diciptakanlah Pendidikan Profesi Guru untuk pendidikan yang lebih baik.” ucap Ketua Panitia seminar.

Seminar nasional dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta Dr. Djaali, M.Pd "Tugas utama guru adalah mengawal keseluruhan proses interaksi edukatif di lingkungan sekolah, karena hakekat pendidikan adalah interaksi. Seberapa jauh interaksi yang dilakukan peserta didik adalah tanggung jawab seorang guru. Guru profesional tidak hanya cukup dengan kecakapan kemampuan, tetapi juga komitmen, tekad dan keikhlasannya, akan banyak pengabdian kita yang tidak dihargai di dunia ini, karena tanggung jawab kita yang besar untuk memajukan bangsa ini."

Nara sumber seminar nasional adalah Ketua LP3M, Dr. Totok Bintoro, M.Pd dengan tema "Selayang pandang pola pendidikan Guru di Indonesia" dan Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP., sebagai Direktur Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Namun, karena ada satu hal, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP tidak bisa hadir dan digantikan oleh Kasi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Vokasi & Profesi yakni Eni Susanti, ST, M.Si. tentang "Pendidikan Profesi Guru."

Screen Shot 2017-06-12 at 2.07.38 PM

Lebih dari 300 peserta, terdiri dari mahasiswa dan dosen UNJ hadir memenuhi ruang seminar. Pada saat seminar nasional berlangsung, di sela-sela acara, terdapat pertunjukkan dari para mahasiswa PPG SM-3T, mulai dari Tarian sampai paduan suara dengan gerakan bahasa isyarat oleh mahasiswa PPG Prodi PLB. Pelaksanaan seminar berlangsung dengan sangat antusias, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta menunjukan bahwa para peserta cukup cermat dalam memperhatikan proses pendidikan yang berlangsung di negeri kita.

Screen Shot 2017-06-12 at 2.08.08 PM

Selain seminar, terdapat Pameran Foto Pendidikan di Daerah 3T, diselenggarakan di lantai 2, Gedung Dewi Sartika, depan Aula Latief, UNJ. Pameran foto dibuka oleh Ketua LP3M UNJ, Dr. Totok Bintoro, M.Pd. dan turut dihadiri oleh segenap pimpinan dan staf LP3M UNJ.  “selain mendidik di daerah 3T, anda semua masih dapat mengabadikan pengabdian dalam bentuk foto, semoga foto-foto ini dapat menggugah dan menginspirasi pengunjung untuk turut memajukan pendidikan di daerah 3T,” tutur Bapak Totok.

Screen Shot 2017-06-12 at 2.07.19 PM