ORIENTASI AWAL PPG SM-3T ANGKATAN V DAN PPGT ANGKATAN III

IMG_7556

Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Senin – Rabu (13-15/02/17) menyelenggarakan Orientasi Awal Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Angkatan V dan PPG Terintegrasi Angkatan III tahun 2017/2018, diselenggarakan di gedung Ki Hajar Dewantara, Lantai 9, Universitas Negeri Jakarta.

Orientasi Awal merupakan kegiatan pengenalan program PPG SM-3T dan PPGT, serta lingkungan UNJ, kepada mahasiswa peserta PPG SM-3T dan PPGT. Pengenalan lingkungan UNJ lebih dikhususkan pada asrama mahasiswa, di mana mereka akan tinggal selama mengikuti program PPG.

Berdasarkan laporan ketua LP3M, Dr. Totok Bintoro, M.Pd, PPG SM-3T Angkatan V ini diikuti oleh 233 mahasiswa dari 11 Program Studi (Prodi) dan PPG Terintegrasi (PPGT) diikuti oleh 32 mahasiswa dari 1 Program Studi, yaitu Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

IMG_7630

Dr. Totok Bintoro, M,Pd. saat menyampaikan kuliah umum pada orientasi awal Program PPG angkatan V dan PPGT angkatan III.

Sementara Prodi PPG SM-3T yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni Budaya, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Orientasi Awal dibuka oleh Rektor UNJ, Prof. Dr. Djaali, yang sekaligus menyampaikan Kuliah Umum. “Seorang guru itu, seluruh tenaga dan kemampuannya dicurahkan untuk kepentingan anak didiknya. Jangan lupa, masa depan Indonesia ini ditentukan oleh murid-murid saudara. Oleh karena itu, persiapan mental saudara untuk menjadi guru pendidik profesional sangat penting” ungkap Rektor saat memberi kuliah umum.

IMG_7509 copy

Prof. Dr. Djaali saat menyampaikan kuliah umum pada orientasi awal Program PPG angkatan V dan PPGT angkatan III

Selama masa Orientasi Awal disampaikan beberapa materi. Hari pertama, disampaikan materi; (1) Orientasi Umum Program PPG SM3T dan PPGT oleh Dr. Totok Bintoro, M.Pd; (2) Sistem Pembelajaran, PPL, dan Evaluasi dalam PPG dan Kaitannya dengan Kurikulum 2013 oleh Dr. Khaerudin, Dr. Budiaman, dan Dr. Endang Sri Rahayu.

Hari kedua, disampaikan materi; (1) Kebijakan dan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Tatakelola Pendidikan Pusat dan Daerah oleh Drs. Achmad Ridwan, M.Si.; (2) Etika dan Estetika Guru Profesional oleh Agus Wibowo S,Pd., M,Pd. dan (3) Motivasi dan Dinamika Kelompok oleh Dr. Dianta A. Sebayang, M,Si, serta  Orientasi Lokasi Program PPG oleh Dr. Budiaman, M.Si

Hari ketiga, disampaikan materi tentang Etika Pergaulan dan Kehidupan Berasrama oleh segenap Dr. Taufik Rihanto M,Pd dan penutupan kegiatan oleh ketua asrama.

-Anggit Al Furqon