Profil

Tata kelola manajemen UNJ terdiri dari sejumlah lembaga, biro, fakultas, jurusan dan unit-unit pelaksana teknis (UPT). Salah satu di antara beberapa UPT di UNJ adalah Kantor Urusan Internasional atau Office of international Education (OIE). Unit ini bertugas untuk memberi layanan mobilitas kepada sivitas akademika untuk dapat melaksanakan berbagai kegiatan akademis/non akademis di tingkat internasional. Di samping itu, OIE juga bertugas memberi layanan kepada mahasiswa dan atau tenaga dosen luar negeri yang akan melaksanakan kegiatan akademisnya di UNJ.

Untuk melaksanakan tugas tersebut di atas berbagai program perlu dikembangkan dan di antara program itu adalah program sosialisasi peran OIE kepada civitas academica UNJ serta promosi profile UNJ kepada para pemangku kepentingan di luar UNJ.

Untuk melaksanakan program sosialisasi peran OIE khususnya dalam melayani mobilitas dosen dan mahasiswa ke luar negeri telah disusun panduan Prosedur Operasional Standar (POS) tentang mobilitas dosen ke luar negeri melalui pemanfaatan program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME), dan POS tentang mobilitas mahasiswa S3 ke luar negeri melalui pemanfaatan program Sandwich-like. Selanjutnya, untuk menangani layanan mobilitas mahasiswa luar negeri yang akan melaksanakan kegiatan akademisnya di UNJ telah disusun POS penanganan pengurusan izin belajar dan keimigrasian mahasiswa internasional.

Motto

BRIDGING GLOBAL PERSPECTIVES

1. Visi kantor UPT O.I.E UNJ

Menjadi fasilitator bagi semua unit kerja di UNJ dalam menjalankan program kerja internasionalnya untuk menciptakan UNJ menjadi World Class University. Visi tersebut dikemas dalam sebuah credo yang berbunyi, “Bridging Global Perspectives”

2.  Misi kantor UPT O.I.E UNJ

  • Memfasilitasi tiap fakultas dengan menyediakan kesempatan dan latihan bagi para dosen untuk berdiskusi dan/atau presentasi dalam Bahasa Inggris.
  • Meningkatkan mobilitas mahasiswa dan dosen baik ke luar negeri (outbound mobility) maupun ke dalam negeri (inbound mobility).
  • Menjadi mitra kerja semua fakultas dan unit kerja lainnya di UNJ dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program pendidikan internasional.
  • Menumbuh-kembangkan budaya akademik internasional di kalangan civitas academica UNJ.