Profil

PROFIL UPT. PELAYANAN BAHASA

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

A. Pengantar

Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Bahasa (UPT. PB) adalah unit kerja yang dibentuk pada tanggal 22 Desember 1997 berdasarkan SK Rektor IKIP Jakarta No. 1798/SP/97. UPT. PB merupakan realisasi dari gagasan untuk membentuk lembaga bahasa di IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta atau UNJ) sejak tahun 1988. UPT. PB memiliki visi, bahwa unit kerja ini merupakan unit pendukung pencapaian visi, misi dan program kerja UNJ.

B. Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi

Kedudukan UPT. PB adalah sebagai unit pendukung realisasi program kerja universitas di bidang layanan bahasa, di antaranya bahasa Indonesia dan bahasa asing yang meliputi bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Arab, Jepang dan Mandarin. Tugas pokok dan fungsi UPT. PB adalah sebagai pusat pelayanan bahasa yang dikelola secara professional untuk melayani kebutuhan sivitas akademika UNJ maupun masyarakat umum. Dengan fungsi ini UPT. PB melaksanakan strategi pengembangan diri sivitas akademika di bidang bahasa dan budaya. Dalam melaksanakan fungsinya UPT. PB menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk berbagai layanan pendidikan/pengajaran bahasa, lokakarya pengajaran bahasa, uji kemahiran bahasa dan penerjemahan.

C. Aspek Strategis

Selain melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pusat pelayanan bahasa, UPT. PB juga dikembangkan sebagai unit kerja dalam rangka mengembangkan kemampuan swadana. Oleh karena itu pengelolaan UPT. PB dilakukan berdasarkan pendekatan kewirausahaan yang tetap berorientasi pada upaya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Misi dan tujuan UPT. PB adalah:

  1. Meningkatkan mutu SDM di lingkungan internal maupun eksternal UNJ, baik sebagai individu maupun sebagai lembaga/badan usaha pemerintah ataupun swasta melalui pembinaan keterampilan berbahasa dengan tujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi untuk mendukung kinerja mereka.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan bahasa di Indonesia melalui:
    1. Pembinaan kompetensi mengajar para guru bahasa dari semua jenis dan jenjang pendidikan.
    2. Pembinaan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan untuk mengembangkan kurikulum, program, media dan bahan ajar, serta sistem evaluasi pembelajaran di bidang pendidikan bahasa.
    3. Pembinaan kerjasama di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa dengan berbagai badan/lembaga pendidikan dan non pendidikan pemerintah dan swasta nasional maupun internasional.
    4. Penyelenggaraan berbagai kegiatan penelitian dan kajian, serta forum ilmiah yang melibatkan para akademisi dan praktisi pendidikan bahasa dari dalam dan luar negeri.
  3. Memenuhi kebutuhan masyarakat luas akan berbagai layanan bahasa, antara lain jasa penerjemahan dan tes/penilaian kemampuan berbahasa.
  4. Mengembangkan kemampuan swadana unit kerja melalui penerapan budaya kewirausahaan dalam penyelenggaraan manajemennya.

D. Fasilitas Belajar UPT. PB

UPT. PB memiliki fasilitas belajar yang mendukung adanya kegiatan belajar dan mengajar yang ideal. Semua ruang kelas dilengkapi dengan AC, peralatan audio-visual dan fasilitas internet. Sumber-sumber materi disediakan untuk para peserta agar dapat dilihat kembali setelah kelas selesai. Sumber materi yang diberikan berupa buku teks, materi audio dan video, serta materi pembelajaran online.

 

E. Program Pelatihan Unggulan UPT. PB

  1. English for Academics Program ini ditujukan untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi peserta agar dapat memenuhi persyaratan untuk mengikuti pendidikan lanjutan (S2 dan S3) di luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas.
  2. English for Office Staff  and Managers                  Program ini mengembangkan penguasaan bahasa Inggris peserta untuk mendukung pekerjaannya di bidang masing-masing (office staff, managers, etc.). Isi program didesain khusus sesuai cakupan bidang pekerjaan masing-masing peserta.
  3. TOEP/TOEIC/IELTS Preparation Course
    Program ini membantu mereka yang perlu menyiapkan diri untuk menghadapi tes TOEP/TOEIC/IELTS. Tersedia program intensive (3 minggu) dan extensive (3 bulan) yang pesertanya akan berlatih untuk membahas teknik dan strategi menghadapi tes untuk memperoleh skor yang maksimal.
  4. Presentation Skills                                                         Program 20 jam ini bertujuan mengembangkan keterampilan peserta menyajikan presentasi dalam bahasa Inggris. Pokok bahasan mencakup persiapan hingga menyajikan presentasi termasuk kegiatan simulasi.
  5. Conversation                                                                      Program ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan peserta dalam berkomunikasi secara lisan menggunakan bahasa Inggris pada tingkat dasar (elementary), menengah (intermediate) dan lanjut (advanced) untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu UPT. PB juga menjalin mitra dengan beberapa institusi dalam menyediakan layanan Test of English Proficiency dan jasa terjemahan.  UPT. PB telah membantu penerjemahan dokumen-dokumen dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris dan sebaliknya, begitu juga dengan dokumen-dokumen dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa Prancis, Jerman, Arab, Jepang, Mandarin atau sebaliknya.

Layanan-layanan tersebut di atas tersedia sesuai jadwal reguler UPT. PB atau jadwal khusus sesuai kesepakatan antara pengguna dan penyelenggara UPT. PB. Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran peserta dapat menghubungi Sekretariat UPT. PB, Gedung Raden Dewi Sartika lantai 4, Jl. Rawamangun Muka, Telp/Fax (021) 47865781, Senin – Jum’at pukul 08.00 – 16.00 WIB atau e-mail pelayananbahasa@unj.ac.id .