Aspek Strategis

Selain melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pusat pelayanan bahasa, UPT. PB juga dikembangkan sebagai unit kerja dalam rangka mengembangkan kemampuan swadana. Oleh karena itu pengelolaan UPT. PB dilakukan berdasarkan pendekatan kewirausahaan yang tetap berorientasi pada upaya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Misi dan tujuan UPT. PB adalah:

  1. Meningkatkan mutu SDM di lingkungan internal maupun eksternal UNJ, baik sebagai individu maupun sebagai lembaga/badan usaha pemerintah ataupun swasta melalui pembinaan keterampilan berbahasa dengan tujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi untuk mendukung kinerja mereka.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan bahasa di Indonesia melalui:
    1. Pembinaan kompetensi mengajar para guru bahasa dari semua jenis dan jenjang pendidikan.
    2. Pembinaan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan untuk mengembangkan kurikulum, program, media dan bahan ajar, serta sistem evaluasi pembelajaran di bidang pendidikan bahasa.
    3. Pembinaan kerjasama di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa dengan berbagai badan/lembaga pendidikan dan non pendidikan pemerintah dan swasta nasional maupun internasional.
    4. Penyelenggaraan berbagai kegiatan penelitian dan kajian, serta forum ilmiah yang melibatkan para akademisi dan praktisi pendidikan bahasa dari dalam dan luar negeri.
  3. Memenuhi kebutuhan masyarakat luas akan berbagai layanan bahasa, antara lain jasa penerjemahan dan tes/penilaian kemampuan berbahasa.
  4. Mengembangkan kemampuan swadana unit kerja melalui penerapan budaya kewirausahaan dalam penyelenggaraan manajemennya.