ENTREPRENEURSHIP CAMP (E-CAMP) TAHUN 2017

ENTREPRENEURSHIP CAMP (E-CAMP) TAHUN 2017

ENTREPRENEURSHIP CAMP (E-CAMP) TAHUN 2017

Program Wirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta 2017 telah memasuki rangkaian Entrepreneurship Camp (E-CAMP). Sebagai tindak lanjut dari pengumuman pemenang PMW UNJ 2016 yang telah diumumkan pada bulan Agustus 2017, tim PMW UNJ menyatakan bahwa terdapat 34 tim yang lolos didanai dan kembali melanjutkan kegiatan pembinaan lainnya yaitu Entrepreneurship Camp (E-CAMP). Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk jiwa wirausaha muda yang pantang menyerah, dispilin, pekerja keras, bijak dalam mengatur keuangan, jujur, kreatif dan inovatif dalam berwirausaha. Kemampuan ini sangat penting dimiliki oleh seluruh peserta untuk memulai bisnis.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 07.00 yang dilepas secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNJ Prof. Dr. A. Sofyan Hanif, M.Pd sebelum menjalani kegiatan E-CAMP.

Kegiatan E-CAMP mengharuskan peserta melakukan wawancara dengan pelaku usaha yang telah ditentukan oleh panitia. Hal ini bertujuan agar peserta mendapatkan banyak ilmu langsung dari pelaku usaha tersebut. Selain itu, peserta ditantang untuk berjualan barang dagangan yang kreatif namun dapat memenuhi kebutuhan akomodasi selama kegiatan berlangsung, mulai dari transport dan makan. Tantangan kali ini bukan hanya dari segi dana yang minim, namun juga peserta dituntut untuk melakukan berbagai strategi agar barang dagangan mereka terjual. Dari segi persiapan, para peserta hanya diberi waktu sekitar 1 minggu saja untuk membuat ide kreatif tentang barang dagangan yang akan diproduksi dan dijajakan kepada konsumen. Tantangan berikutnya yaitu terbatasnya waktu untuk menjual barang dagangannya dan dari hasil penjualan tersebut harus mencukupi kebutuhan akomodasi peserta.

Pada kegiatan E-CAMP peserta diberikan waktu untuk sharing pengalaman selama perjalanan menuju lokasi. Dari sharing tersebut diharap peserta mendapatkan pengalaman berharga dan mampu diterapkan untuk menghadapi permasalahan-permasalahan selama menjalankan usaha. Diakhir kegiatan, terdapat agenda pemilihan ketua Forum PMW periode 2017-2018. Dhimaz Idris Al-Rasyid dari FT terpilih sebagai ketua Forum PMW menggantikan Agung Kurniawan sebagai ketua Forum PMW periode 2016-2017. Pergantian kepengurusan ini ditandai dengan pemakaian slempang oleh Ibu Vera Maya Santi, S.Si., M.Si selaku Tim Pengembang Wakil Rektor III UNJ. Kegiatan E-CAMP diakhiri dengan upacara penutupan, yang ditutup oleh oleh Ibu Vera Maya Santi, S.Si., M.Si.