Mahasiswa Seni Rupa UNJ Mengadakan UNJ Artpreneur

Mahasiswa Seni Rupa UNJ Mengadakan UNJ Artpreneur

Mahasiswa Seni Rupa UNJ Mengadakan UNJ Artpreneur

Jakarta Artpreneur merupakan kegiatan unjuk kerja kreatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa UNJ angkatan 2015 yang diselenggarakan pertama kali untuk memenuhi syarat kelulusan mata kuliah Wawasan Industri Kreatif dan Kewirausahaan dibawah bimbingan Ibu Dr.Cut Kamaril Wardani. Dimana mata kuliah ini bertujuan untuk menembuhkembangkan jiwa kewirausahaan muda kreatif yang menciptakan berbagai produk seni dengan terobosan baru. Oleh karena itu, Jakarta Artpreneur akan dilaksanakan di setiap tahunnya sebagai pemicu kesadaran mahasiswa untuk menjadi wirausahawan

Mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa UNJ berusaha merespon fenomena lemahnya pertumbuhan ekonomi dan wirausahawan yang terjadi di Indonesia. Bentuk respon yang diciptakan yaitu dengan diselenggarakannya kegiatan bernama JAKARTA ARTPRENEUR. Kegiatan Jakarta Artpreneur merupakan titik awal dari unjuk kerja kreatif perjalanan lahir dan tumbuhkembangnya para wirausahawan muda yang bergerak di bidang Seni Rupa. Ide dan Gagasan JAKARTA ARTPRENEUR mendukung pada PERATURAN PRESIDEN No. 41 Tahun 2011 tentang Pengembangan Kewirausahaan Dan Keloporan Pemuda, Serta Penyediaan Prasarana dan Sarana Kepemudaan. (Sumber: Peraturan.go.id)

Pelaksanaan kegiatan JAKARTA ARTPRENEUR bertema “Breakthrough”, yaitu suatu terobosan yang dilakukan Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa UNJ dalam menciptakan produk kreatif dan inovatif. Terobosan yang dimaksud demi mendukung program Generasi Emas 2045 yang telah dicanangkan pemerintah sejak tahun 2011 yang diharapkan pada tahun 2045 sudah lahir para wirausawan muda yang mampu memperbaiki ekonomi di Indonesia.

“Kita perlu mencintai produk Indonesia, kalau semua jadi enterpreneur, maka semuanya akan sejahtera, karena membesarkan industry kreatif dan kreativitas akan membawa bangsa ini lebih besar” Ujar Dr. (H.C.) Martha Tilaar dalam sambutannya .

Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. A. Sofyan Hanif, M.Pd juga menyambut baik kegiatan ini “kami harapkan para mahasiswa yang menyelenggarakan Jakarta Artpreneur juga bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diselenggarakan oleh Belmawa Kemenristek DIKTI, selain itu para mahasiswa juga bisa menjual produknya di UNJ Corner yang merupakan inkubator kewirausahaan UNJ”.