“Jadilah Bagian dari Sejarah” UNJ dan INASGOC Mengadakan Sosialsasi Volunteer Asian Games 2018

“Jadilah Bagian dari Sejarah” UNJ dan INASGOC Mengadakan Sosialsasi Volunteer Asian Games 2018

“Jadilah Bagian dari Sejarah” UNJ dan INASGOC Mengadakan Sosialsasi Volunteer Asian Games 2018

Universitas Negeri Jakarta bekerjasama dengan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) mengadakan sosialisasi Volunteer Asian Games 2018, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2018. Pada Asian Games tahun ini akan mempertandingkan 40 cabang olahraga mulai tanggal 18 Agustus s.d. 2 September 2018, dengan diikuti oleh 9.500 atlet, 5.500 offcicial & wasit, 13.000 volunteer, 2.500 VVIP & OCA Family.

Gambaran sederhana mengapa begitu penting menjadi volunteer Asian Games, karena pesta olahraga terbesar kedua di dunia ini, mungkin belum tentu akan hadir lagi 50 tahun mendatang. Maka dari itu INASGOC mengangkat tema “Jadilah Bagian dari Sejarah”. Volunteer Asian Games menjadi cerminan bangsa indonesia dalam tugasnya diharapkan mampu mengharumkan nama indonesia, volunteer harus memberikan pelayanan yang prima kepada para delegasi, tamu dan penonton, selain itu juga volunteer diharapkan mampu mempromosikan pariwisata indonesia di mata dunia.

Adapun beberapa klasifikasi volunteer Asian Games diantaranya yaitu Protocol Assistant yang bertugas mendampingi tamu VVIP/ VIP, minimal menguasai 2 (dua) bahasa selain Indonesia, jika tamu yang didampingi sudah pulang, protocol assistant ini akan merangkap kemudian menjadi NOC Assistant, yang kedua yaitu NOC Assistant yang bertugas untuk Mendampingi  dan melayani kontingen setiap negara peserta, serta menjadi penghubung antara delegasi dengan panitia INASGOC, yang ketiga Liaison Officer yang membantu mengoperasikan setiap help desk (akreditasi, hotel,airport, venue etc), serta membantu kesuksesan operasional di seluruh  departemen  INASGOC.

Persyaratan untuk menjadi Volunteer Asian Games untuk mahasiswa atau masyarakat umum berusia antara 18 s.d. 35 tahun, menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya (khusus untuk Protocol Assistant), serta memiliki team work, inisiatif, dan memiliki minat dalam berolahraga. Selanjutnya untuk penempatan bagi para volunteer diantaranya pada sport, medal and sport presentation, arrival departure & hospital, medical & doping control, venue & environment, athlete village & sevice.

Dari gambaran diatas dijabarkan kembali tugas untuk games administration-functional areas yaitu look of the games, Beautification & Activation, Ticketing, Revenue, Communication, Ceremonies, untuk games support-functional areas akan ditempatkan di Accommodation, IT & Telecommunication, Transportation, Catering. Kemudian jika para volunteer ditempatkan pada Secretariat General –  Functional Areas akan bertugas pada International Relations, Accreditation, Government Relations, Media & Public Relations.

Banyak manfaat yang yang akan didapatkan jika menjadi volunteer Asian Games, karena para volunteer dapat menemukan teman baru, bisa bertemu dengan atlet-atlet dunia, memiliki pengetahuan dan pengalaman baru, pengembangan diri dan kepercayaan diri untuk mengaplikasikan bahasa Inggris yang selama ini dipelajari, kebahagian dan kepuasan tersendiri bagi para volunteer karena terlibat aktif pada penyelenggaraan pesta olahraga terbesar kedua di dunia, dan yang pasti para volunteer nantinya akan mendapatkan seragam dan uang saku dari panitia INASGOC.

Ayo segera daftarkan dirimu untuk menjadi volunteer Asian Games di volunteer.AsianGames2018.id, periode pendaftaran dari tanggal 18 Januari s.d. 5 Maret 2018.

 

 

 

 

 

 

 

,