FIP UNJ Jalin Kerjasama Strategis dengan DPRD Kota Bekasi untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Bagikan

  1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. FIP UNJ Jalin Kerjasama Strategis dengan…

Berita Terbaru

Humas UNJ Raih Penghargaan 3 Tahun Berturut-turut pada Ajang AHI

Pojok Statistik FMIPA UNJ Jadi Percontohan Dalam Inovasi Pengembangan Lembaga Statistik Pada Kampus di Indonesia

Prof. Sofia Hartati, Executive Board Asia Pacific dari PECERA Sekaligus Pelopor Pendidikan PAUD Berkualitas di Indonesia Kebanggaan UNJ

Batavia Team UNJ: Inovasi AI yang Mengantarkan Juara di Shell Eco-marathon Asia-Pacific & Middle East 2025

Hermanto, M.Pd.: Dosen FIKK UNJ dan Ahli Sport Science di Kancah Internasional yang Mengharumkan Nama Indonesia Melalui Olahraga Basket

Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Hadiri Buka Puasa Bersama Dengan Forum Komunikasi Gedung G (FKG) UNJ

Bekasi, Humas UNJ- Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ) mengadakan audiensi strategis bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi guna memperkuat kolaborasi dalam mendukung pengembangan pendidikan di wilayah tersebut.

Pertemuan yang diadakan pada Senin, 20 Januari 2025 turut dihadiri oleh Dr. Sardi Efendi, S.Pd. M.M. selaku Ketua DPRD Kota Bekasi, Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. selaku Dekan FIP UNJ, Karta Sasmita, M.Si., Ph.D. selaku Wakil Dekan I FIP UNJ, Dr. Siti Zulaikha, S.Ag., M.Pd. selaku Wakil Dekan III FIP UNJ, Dr. Adi Irvansyah, M.Pd. selaku ketua Laboratorium , dan Retno Dwi Lestari, M.Pd selaku tim kerjasama FIP UNJ

Audiensi diawali dengan pengantar dari Dekan FIP UNJ Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. yang menyoroti kontribusi para alumni dalam pembangunan Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan pentingnya sinergi antara institusi pendidikan dan pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan kampus serta implementasi kegiatan yang mendukung pendidikan masyarakat. Sebagai bagian dari komitmen FIP UNJ, anggaran untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi fokus utama. Oleh karena itu, dukungan dari DPRD Kota Bekasi sangat diperlukan untuk merealisasikan inisiatif bersama.

Selain itu tujuan utama dari audiensi ini adalah untuk mengimplementasikan program yang mendorong kemajuan pendidikan di Kota Bekasi. Berdasarkan data yang disampaikan, tingkat akreditasi sekolah di Kota Bekasi masih memerlukan perhatian khusus, dengan 20 sekolah dasar, 25 sekolah menengah pertama, dan 6 sekolah menengah atas yang belum terakreditasi.

Meskipun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Bekasi tercatat sebagai yang tertinggi di Jawa Barat, yakni 98%, tantangan dalam manajemen pendidikan tetap menjadi fokus perbaikan. FIP UNJ mengusulkan solusi melalui peningkatan kualitas sekolah dan guru serta pengembangan sekolah unggulan di tingkat TK, SD, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Dari sisi pembiayaan, kerja sama ini direncanakan dengan skema cost-sharing antara DPRD Kota Bekasi, FIP UNJ, dan penyelenggara satuan pendidikan di wilayah Kota Bekasi. Langkah konkret yang direncanakan meliputi kunjungan lanjutan oleh DPRD Kota Bekasi ke FIP UNJ untuk memperkuat sinergi.

Sebagai tindak lanjut, FIP UNJ bersama DPRD Kota Bekasi sepakat untuk mengembangkan laboratorium pendidikan di SD, TK, dan PKBM yang ada di Kota Bekasi. Intervensi khusus akan dilakukan pada PKBM swasta yang memiliki keterbatasan dana.

Penetapan lokasi kegiatan akan didasarkan pada rekomendasi DPRD Kota Bekasi. Selain itu, Ketua DPRD Kota Bekasi yang sekaligus alumni FIP UNJ, Dr. Sardi Efendi, S.Pd. M.M.  menginisiasi untuk berkontribusi dalam pembangunan laboratorium pendidikan masyarakat seluas 100 meter persegi di Kel. Sukajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

Untuk memperkuat pelaksanaan program, Nota Kesepahaman akan dipersiapkan. Nota kesepahaman pertama terkait pengembangan laboratorium unggulan untuk peningkatan kualitas SD, TK, dan PKBM di Kota Bekasi, sementara nota kesepahaman kedua berfokus pada pembangunan Laboratorium Pendidikan Masyarakat.

Audiensi ini mencerminkan komitmen bersama antara FIP UNJ dan DPRD Kota Bekasi dalam memajukan kualitas pendidikan secara berkelanjutan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas.