Jakarta, Humas UNJ – Pada 2 Juni 2025, Kantor Humas dan Informasi Publik Universitas Negeri Jakarta (Kantor Humas dan IP UNJ) menyelenggarakan kegiatan Workshop bertajuk “Broadcasting Acara dan Pengelolaan Website Dalam Membangun Reputasi UNJ”. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Syafei Lantai 8 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan teknis para pengurus Humas maupun pengelola broadcasting dan website di lingkungan Fakultas dan Sekolah Pascasarjana UNJ.
Workshop ini turut dihadiri oleh Direktur Inovasi Sistem Informasi dan Pemeringkatan, R.A Murti Kusuma Wirasti, dan tim Kantor Humas dan IP UNJ, Kepala Humas, Syaifudin, Sekretaris Humas, Nada Arina Romli, Kepala Divisi Liputan dan Pemberitaan, Wina Puspita Sari, serta Kepala Divisi Pelayanan Publik, Prima Yustitia.
Kegiatan ini selain dihadiri para perwakilan pengurus Humas dan pengelola broadcasting dan website di lingkungan Fakultas dan Sekolah Pascasarjana UNJ, juga berkesempatan hadir Wakil Dekan Bidang 3 Fakultas Ilmu Pendidikan dan Wakil Dekan Bidang 3 Fakultas Psikologi UNJ.

Dalam sambutan pembuka, R.A Murti Kusuma Wirasti yang mewakili Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Sistem Informasi mengatakan bahwa di era digital dan kompetisi global antar perguruan tinggi, visibilitas dan keterjangkauan informasi menjadi kunci penting dalam mendorong reputasi dan pemeringkatan institusi. Website dan broadcasting bukan sekadar alat komunikasi, melainkan instrumen strategis dalam membangun kredibilitas, transparansi, serta rekam jejak prestasi akademik dan non-akademik UNJ. Melalui workshop ini, kami mendorong penguatan kapasitas pengurus Humas di Fakultas dan Sekolah Pascasarjana agar mampu mengelola kanal informasi secara terintegrasi, adaptif, dan menarik. Bersama-sama, mari kita wujudkan UNJ yang lebih terlihat, lebih diakui, dan lebih diperhitungkan di tingkat nasional maupun internasional, ujar Murti.
Sementara itu Syaifudin mengatakan bahwa salah satu program Humas UNJ yaitu membentuk tim Humas di level Fakultas dan Sekolah Pascasarjana. Keberadaan pengurus Humas di setiap Fakultas dan Sekolah Pascasarjana UNJ bukan sekadar pelengkap, tetapi merupakan garda terdepan dalam membangun citra institusi bersama Humas UNJ. Humas Fakultas dan Sekolah Pascasarjana adalah penghubung strategis antara aktivitas akademik dengan publik, yang memastikan setiap prestasi, inovasi, dan kegiatan sivitas akademika di level Fakultas dan Sekolah Pascasarjana tersampaikan secara tepat, cepat, dan berdampak. Dengan hadirnya tim Humas yang solid di seluruh lini, UNJ akan semakin mampu menghadirkan komunikasi yang profesional, terintegrasi, dan relevan dengan perkembangan zaman demi menjaga reputasi UNJ yang terus meningkat secara positif, ujar Syaifudin.

Syaifudin menambahkan bahwa nantinya akan ada rangkaian workshop untuk para pengurus Humas di level Fakultas dan Sekolah Pascasarjana, seperti workshop broadcasting, pengelolaan website, jurnalistik kehumasan, PPID, webometric, hingga public speaking untuk duta. Pada hari ini, workshop perdana yaitu broadcasting dan pengelolaan website. Workshop ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat kapasitas komunikasi dan literasi digital di lingkungan UNJ. Di era informasi yang serba cepat, pengurus Humas maupun pengelola broadcasting serta website di Fakultas dan Pascasarjana memiliki peran vital dalam menyampaikan capaian, program, serta narasi positif kampus kepada publik. Melalui pelatihan ini, kita tidak hanya belajar teknis broadcasting dan pengelolaan website, tetapi juga membangun sinergi dan profesionalisme dalam menyuarakan wajah UNJ sebagai kampus berdampak dan berkelas dunia,” tambah Syaifudin.
Pada workshop ini, Diat Nurhidayat selaku dosen tetap di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK), Fakultas Teknik (FT) UNJ dan juga Kepala Divisi Infrastruktur dan Keamanan Jaringan di UPT TIK UNJ periode 2020–2024 menjadi narasumber di sesi pertama. Moderator pada sesi pertama, dimoderatori oleh Wina Puspita Sari.
Dalam pemaparannya, Diat Nurhidayat membahas pengenalan alat dan perangkat siar seperti kamera, mikrofon, mixer, dan software editing untuk kebutuhan dokumentasi dan live streaming. Lalu teknis penggunaan platform streaming (YouTube, Zoom, dan media sosial) serta cara menjaga kualitas audio-visual secara real-time. Kemudian Diat juga menekankan pentingnya keseragaman identitas visual dan narasi yang mewakili UNJ secara profesional dan informatif dalam setiap siaran.
Berikutnya pada sesi kedua dilanjutkan oleh Bambang Prasetyo Adi selaku dosen tetap di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK), FT UNJ dan juga Kepala Divisi Infrastruktur dan Keamanan Jaringan di UPT TIK UNJ periode 2025–2030. Moderator pada sesi kedua, dimoderatori oleh Prima Yustitia.

Dalam pemaparannya, Bambang Prasetyo Adi membahas mengenai kerangka umum desain, navigasi, dan standar visual yang seragam antarunit agar selaras dengan identitas dan citra UNJ. Pendalaman teknis penggunaan CMS berbasis WordPress yang digunakan UNJ, termasuk pembuatan halaman, unggah dokumen, hingga integrasi media. Selain itu juga menekankan pentingnya keamanan data, penggunaan sumber konten yang sah, dan etika publikasi dalam pengelolaan media daring institusi, dan memberikan wawasan tentang bagaimana website Fakultas dan Sekolah Pascasarjana dapat dioptimalkan untuk keterjangkauan publik dan membangun branding akademik.