Perkuat Internasionalisasi Pembelajaran, Mahasiswa Curtin University Australia Ikuti Perkuliahan di Dua Prodi FISH UNJ

Ikuti kami

Bagikan

  1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. UNJ Masuk Peringkat 767 Dunia di…

Berita Terbaru

Kantor Humas dan IP UNJ Raih 5 Penghargaan Pada Ajang IDEAS 2025, Dari Juara Budaya Inklusif hingga Manajemen Krisis

Humas UNJ Raih Penghargaan 3 Tahun Berturut-turut pada Ajang AHI

UNJ Resmi Tutup Pelatihan Dasar Calon Pegawai Tetap PTNBH Tahun 2025

UNJ dan PT HappyLab Indonesia Perkuat Literasi Nasional melalui MaxNovel Award 2025

UNJ Masuk Peringkat 767 Dunia di UI GreenMetric 2025, Tegaskan Komitmen Kampus Hijau dan SDGs Berdaya Saing Global

UNJ Partisipasi dalam Seminar Kesetaraan Disabilitas dan Perempuan di Layar yang Digelar Kembud RI

UNJ Kembali Pertahankan Predikat “Badan Publik Informatif” pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2025

Jakarta, Humas UNJ — Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Jakarta (FISH UNJ) kembali menunjukkan langkah nyata dalam internasionalisasi pendidikan dengan menerima kunjungan akademik dari mahasiswa Curtin University, Australia.

Para mahasiswa Curtin University, Australia ini turut mengikuti rangkaian perkuliahan di dua Program Studi (Prodi) yang ada di FISH UNJ. Dimana pada Selasa, 27 Mei 2025, mahasiswa tamu dari kampus ternama di Perth tersebut mengikuti perkuliahan bersama mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FISH UNJ. Berikutnya pada Selasa, 3 Juni 2025, mahasiswa tamu dari Curtin University mengikuti perkuliahan bersama mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi FISH UNJ. Kegiatan ini merupakan bagian dari program New Colombo Plan (NCP) – Curtin Exchange 2025. Program ini berupa pertukaran akademik yang bertujuan untuk memperluas wawasan global, dan memperkuat jejaring ilmiah.

Dalam perkuliahan yang berlangsung interaktif, mahasiswa Curtin University dan mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FISH UNJ mendiskusikan tema tentang “The Use of Social Media in Islamic Religious Education Learning and Its Implications for Student Character”. Sementara pada kelas di Prodi Pendidikan Geografi FISH UNJ mendiskusikan tema “Urban Sustainability and Environmental Challenges in Tropical Megacities” dan juga terkait metode penelitian. Para mahasiswa dari kedua negara saling berbagi perspektif dan pengalaman terkait tantangan tata ruang, perubahan iklim, serta strategi pengelolaan lingkungan perkotaan.

Pada kesempatan ini, Firdaus Wajdi selaku Dekan FISH UNJ mengatakan bahwa kunjungan mahasiswa dari Curtin University Australia ke Program Studi PAI dan Prodi Pendidikan Geografi FISH UNJ merupakan momen penting dalam memperkuat internasionalisasi pembelajaran di lingkungan fakultas kami. Interaksi langsung antara mahasiswa FISH UNJ dan mahasiswa asing bukan hanya memperkaya wawasan akademik, tetapi juga membangun pemahaman lintas budaya yang sangat relevan dalam studi ilmu-ilmu sosial. Kami menyambut baik kolaborasi ini dan berharap dapat terus menjalin kerja sama akademik yang lebih luas di masa depan, demi membentuk lulusan yang adaptif, berpikiran global, dan berdaya saing internasional,” ujar Dekan FISH UNJ  tersebut.

Sementara itu Samadi selaku dosen pengampu mata kuliah yang juga Koordinator Prodi Pendidikan Geografi FISH UNJ menyambut antusias kehadiran mahasiswa internasional dalam kelasnya. “Ini adalah kesempatan luar biasa untuk membangun pemahaman lintas budaya dan memperkaya proses pembelajaran. Diskusi menjadi lebih hidup dan reflektif ketika kita menghadirkan konteks internasional dalam ruang kelas,” ujarnya.

Kunjungan mahasiswa Curtin University ke UNJ dan khususnya ke kelas-kelas perkualiahan yang diselenggarakan oleh program studi yang ada di lingkungan fakultas di UNJ, diharapkan menjadi langkah awal dari kerja sama yang lebih luas antara UNJ dan Curtin University di bidang pendidikan, penelitian, dan pertukaran mahasiswa. Diharapkan kerja sama internasional ini memperkuat posisi UNJ sebagai World Class University.