Tingkatkan Kesadaran Kelestarian Lingkungan, Prodi S2 PL dan Prodi S3 PKLH Sekolah Pascasarjana UNJ Gelar Pengabdian Konservasi Air Untuk Siswa di Sekolah Bogor

Ikuti kami

Bagikan

  1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. UNJ Dorong Pesantren Nahdlatul Mubtadi’in Al…

Berita Terbaru

Kantor Humas dan IP UNJ Raih 5 Penghargaan Pada Ajang IDEAS 2025, Dari Juara Budaya Inklusif hingga Manajemen Krisis

Humas UNJ Raih Penghargaan 3 Tahun Berturut-turut pada Ajang AHI

UNJ Jajaki Kerja Sama Akademik dan Isu SDGs dengan Universitas di Finlandia

Kilau Warisan Bumi Pertiwi Mewarnai Malam Penganugerahan Duta UNJ 2025

Dari Asisten Dosen ke ASN PPPK, Kisah Keteguhan Hati Achmad Siswanto Setelah 15 Tahun Mengabdi di FISH UNJ

Di Balik Senyum yang Tenang, Ada Doa Tiga Dekade, Kisah Haru Sudarmini Pegawai Setia UNJ yang Kini Jadi ASN PPPK UNJ

Taklukkan Waktu, Kalahkan Ragu, Kisah Siti Syamsiah yang Akhirnya Jadi ASN PPPK UNJ Setelah 25 Tahun Mengabdi

Konservasi air merupakan salah satu isu penting dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. Air adalah sumber daya alam yang vital bagi seluruh makhluk hidup, namun keberadaannya kini semakin terancam akibat eksploitasi berlebihan, pencemaran, serta perubahan iklim. Dalam rangka menjawab tantangan ini, Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) S2 Pendidikan Lingkungan (Prodi S2 PL) dan Program Studi Doktoral Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Prodi s3 PKLH), Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) yang bertajuk “Memberdayakan Pengetahuan Siswa Terkait Konservasi Air”. Kegiatan P2M yang dilaksanakan pada 7 Mei 2025 ini menjadi salah satu bentuk kontribusi nyata dunia akademik dalam mengedukasi generasi muda.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk siswa di Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School yang berlokasi di Parung, Bogor. Melalui pendekatan edukatif dan partisipatif, tim P2M berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk menyelenggarakan pelatihan dan workshop seputar konservasi air. Materi yang diberikan mencakup pentingnya konservasi air, dan teknologi hemat air untuk rumah tangga.

Siswa tidak hanya diberikan teori, tetapi juga diajak terlibat aktif melalui simulasi, eksperimen sederhana, dan proyek mini seperti membuat sistem penampungan air hujan atau kampanye hemat air di lingkungan sekolah. Metode partisipatif ini terbukti meningkatkan antusiasme dan kesadaran siswa terhadap isu lingkungan, sekaligus melatih keterampilan berpikir kritis mereka dalam menyelesaikan masalah nyata di sekitar.

Pada kesempatan ini, Prof. Henita Rahmayanti selaku Program Studi (Prodi) S2 Pendidikan Lingkungan (Prodi S2 PL) dan Program Studi Doktoral Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Prodi s3 PKLH), Sekolah Pascasarjana UNJ yang juga sekaligus Ketua Pelaksana P2M mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini bukan hanya menanamkan pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kepedulian siswa sebagai bagian dari ekosistem yang harus dijaga bersama. Dengan memberdayakan siswa sejak dini, diharapkan mereka menjadi agen perubahan yang membawa semangat konservasi ke dalam rumah, sekolah, dan masyarakat luas, ungkap Prof. Henita.

Prof. Henita menambahkan kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat terlihat bahwa pendidikan lingkungan berbasis aksi nyata mampu memberikan dampak yang lebih mendalam dibandingkan pendekatan konvensional. Hal ini juga menegaskan peran perguruan tinggi tidak hanya sebagai pusat ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai mitra aktif dalam membentuk generasi sadar lingkungan, ujar Prof. Henita Rahmayanti.