UNJ dan Curtin University Tingkatkan Kompetensi Guru BK Lewat Pelatihan Internasional Berbasis Deep Learning dan Joyful Learning

Bagikan

  1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. UNJ dan Curtin University Tingkatkan Kompetensi…

Berita Terbaru

Humas UNJ Raih Penghargaan 3 Tahun Berturut-turut pada Ajang AHI

Menyalakan Obor Bahasa Indonesia di Panggung Dunia: Pengukuhan Prof. Liliana Muliastuti sebagai Guru Besar BIPA UNJ

Senandika Ilmuwan Dalam Narasi Fonem: Pengukuhan Prof. Ifan Iskandar di Singgasana Keilmuan Guru Besar UNJ

FIKK UNJ Terima Kunjungan Disporabudpar Kabupaten Tangerang untuk Penjajakan Kerja Sama

Perkuat Internasionalisasi Pembelajaran, Mahasiswa Curtin University Australia Ikuti Perkuliahan di Dua Prodi FISH UNJ

Kisah Dedikasi Muhtasin untuk UNJ: Bekerja dengan Hati, Pesan Ibu yang Menjadi Prinsip Hidup

Jakarta, 28 Mei 2025— Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terus menunjukkan komitmennya sebagai perguruan tinggi bertaraf internasional melalui program Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi Internasional (PkM Kolaborasi Internasional). Program ini merupakan hasil kerja sama antara Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNJ dan Curtin University, Australia, yang bertujuan meningkatkan kompetensi profesional guru dan dosen bimbingan dan konseling (BK).

Pelatihan bertajuk “Creative Pedagogy: School Counselor Professional Development Training for Classroom Guidance/Psychoeducation Service” ini digelar selama dua hari, pada 27–28 Mei 2025, di Ruang 714, Lantai 7, Gedung Raden Ajeng Kartini (GRK), UNJ. Kegiatan ini didanai oleh FIP UNJ dan dirancang untuk memperkuat kapasitas layanan psikoedukasi melalui pendekatan pedagogi kreatif berbasis sosi-drama dan puisi.

Pendekatan Inovatif: Deep Learning dan Joyful Learning

Pelatihan ini mengintegrasikan konsep deep learning—pembelajaran yang menekankan pemahaman mendalam, pemikiran reflektif, serta kemampuan menerapkan pengetahuan dalam konteks baru—dengan joyful learning, yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna. Melalui metode sosi-drama dan puisi, peserta diajak untuk tidak hanya menghafal strategi, tetapi juga memahami nilai-nilai humanis dan transformatif dalam layanan bimbingan di kelas.

“Melalui seni, ekspresi diri, dan aktivitas interaktif, peserta tidak hanya menyerap informasi secara pasif, tetapi juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang membangkitkan motivasi dan rasa ingin tahu,” ujar salah satu narasumber.

Kolaborasi Pakar Nasional dan Internasional

Pelatihan ini menghadirkan kolaborasi lintas negara dengan narasumber dari UNJ dan Curtin University, antara lain:

  • Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons. dan Mohamad Saripudin, M.Pd.– Pakar kurikulum bimbingan dan psikoedukasi dari Prodi BK FIP UNJ
  • Dr. Carol Carter, Ph.D. dan Dr. Paul Gardner – Dosen Curtin University dengan keahlian dalam pedagogi seni drama dan puisi
  • Dr. Irsyad Ridho, M.Hum. – Dosen Sastra Indonesia UNJ dan mentor pengembangan RPP dan RPL berbasis pedagogi kreatif

Selain sesi pemaparan dan praktik langsung, peserta juga mendapatkan pendampingan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan/atau Rencana Pemberian Layanan (RPL) berbasis pedagogi kreatif. RPP/RPL terbaik akan diadaptasi menjadi video pembelajaran sebagai contoh praktik baik yang dapat disebarluaskan.

Komitmen terhadap Pendidikan Global dan SDGs

Wakil Dekan I FIP UNJ, Karta Sasmita, M.Si., Ph.D., dalam sambutannya menyatakan, “Pengabdian masyarakat ini sangat membanggakan karena menghadirkan pemateri luar biasa dari UNJ dan Curtin University. Ini merupakan langkah nyata UNJ menuju kampus kelas dunia.”

Kegiatan ini menjadi bagian dari kontribusi UNJ dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs), khususnya tujuan ke-3 (kesehatan dan kesejahteraan) dan ke-4 (pendidikan berkualitas), sekaligus memperkuat jejaring internasional dalam pengembangan pendidikan.